Apple Rahasiakan Angka Penjualan Apple Watch Untuk Tetap Kompetitif

(Business Lounge – Global News) Apple baru saja merilis hasil kuartal ketiga laporan fiskal. Atau dapat dikatakan bahwa ini adalah pelaporan keuntungan yang pertama sejak Apple Watch diluncurkan pada bulan April pada sembilan negara. Namun dari angka yang dirilis, Apple tidak memisahkan berapa keuntungan khusus untuk Apple watch. Padahal, Apple memisahkan keuntungan untuk iPhone dan iPads, namun keuntungan untuk Apple Watch dikategorikan sebagai “produk lainnya” bersama-sama dengan iPod, Apple TV, Beats headphone, dan aksesoris lainnya. Sikap enggan yang seperti ini sebenarnya tidak mengejutkan, sebab CEO Apple, Tim Cook telah mengatakan sebelumnya bahwa ia bermaksud untuk merahasiakan angka penjualan Apple watch yang sebenarnya, untuk alasan menjaganya tetap kompetitif. Berbeda sekali dengan iPhone yang semakin laris dan dengan ringan Apple akan mempublikasikan angka penjualannya.

Pendapatan iPhone Naik 59%

“Kami memiliki kuartal yang menakjubkan, dengan pendapatan iPhone yang naik 59 persen dibandingkan tahun lalu, penjualan yang kuat dari Mac, catatan revenue dari beberbagai layanan, dukungan dari App Store, dan awal yang luar biasa untuk Apple Watch,” demikian dikatakan CEO Apple Tim Cook dalam sebuah pernyataan seperti dilansir oleh WSJ. Tapi seberapa besar permulaan untuk Apple Watch tersebut, Apple tidak mengatakannya.

Inilah angka yang kita tahu pasti: Apple melaporkan $ 2,6 miliar atau sekitar 33.8 triliun rupiah untuk pendapatan “produk lainnya” selama kuartal fiskal ketiga, naik dari $ 1,7 miliar atau 22 triliun rupiah pada kuartal yang lalu. Apple tidak mempublikasikan jumlah unit yang dikirim dalam kategori ini, jadi tidak ada cara sederhana untuk menentukan dengan tepat berapa banyak jam tangan Apple telah dijual dengan membandingkan hasil masa lalu. Ya, selisihnya memang hampir $ 1 miliar untuk “produk lainnya” namun apakah dapat disimpulkan bahwa itulah hasil penjualan Apple Watch? Tampaknya masuk akal untuk menyimpulkan bahwa Apple Watch telah ditambahkan ke bottom line Apple. Tapi seberapa banyak penjualan Apple Watch, susah untuk dikatakan.

Kinerja Apple Watch adalah adalah sebuah kepentingan yang disimpan bukan hanya karena sensasi pemasaran. Memang peluncuran Apple Watch merupakan kiprah pertama Apple sebagai produk baru yang besar di bawah CEO Tim Cook. Keberhasilan luar biasa dari iPhone baru telah memberikan beban pada Cook untuk menunjukkan bahwa Apple tetap memiliki kejayaan di era pasca-Steve Jobs. Tetapi strategi penggerak pertama untuk kategori baru yaitu saat Apple masih di bawah kepemimpinan Jobs, yaitu apa yang dilakukan dengan iPhone dan iPad masih merupakan ‘titik peluru’ yang belum dimiliki Cook.

Pada masa lalu, setelah Apple telah merilis produk baru yang besar, maka perusahaan akan dengan mudah mempublikasikan keberhasilannya. Ketika iPhone diluncurkan pada kuartal ketiga tahun 2007, Apple dengan mudah mengungkapkan angka tertentu, yaitu 270.000 iPhone dijual pada dua hari pertama setelah dirilis pada akhir kuartal. “IPhone adalah sebuah awal yang besar sehingga kita berharap untuk menjual iPhone satu juta pada akhir kuartal pertama yang penuh penjualan,” demikian dikatakan Jobs dalam sebuah pernyataan dan itu terjadi setelah 74 hari.

Pada kuartal ketiga tahun 2010, setelah iPad pertama mulai dijual, Jobs khusus mempublikasikan jumlah tablet yang telah dijual perusahaan. “Itu adalah kuartal fenomenal yang melebihi harapan kita semua,” demikian dikatakan Jobs saat itu. “IPad adalah awal yang hebat.” Perusahaan ini mengumumkan telah menjual hampir 3,3 juta iPads pada kuartal tersebut dan 300.000 unit secara global pada hari pertama dan 1 juta penjualan pada 28 hari.

Ketika penjualan Apple Watch kemudian tidak dipublikasikan, hal ini sebenarnya cukup mengganggu.

Namun kepada para pengamat, Cook mengatakan alasan mengapa ia tidak merilis angka penjualan Apple Watch. “Ini bukan soal tidak transparan, tapi soal tidak memberikan wawasan kompetisi kami.” Ia mengatakan penjualan Apple Watch melebihi harapan perusahaan sendiri, serta penjualan yang sebanding dengan iPhone asli dan iPad selama jangka waktu yang sebanding setelah mereka pertama kali diluncurkan. “Tujuan kami untuk kuartal itu yang terutama bukan untuk penjualan,” demikain dikatakan Cook. “Kami lebih bersemangat tentang bagaimana produk diposisikan untuk jangka panjang karena kita mulai memiliki kategori baru.”

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana