London Akan Punya Bis Tingkat Ramah Lingkungan dari Tiongkok

(Business Lounge – Global News) London selalu identik dengan bis tingkat merahnya. Hal inilah yang dimanfaatkan Tiongkok untuk menawarkan bis tingkat buatannya yang bersifat ramah lingkungan. Bis yang ramah lingkungan ini akan menjadi bis pertama di dunia yang murni digerakkan oleh listrik. Rencananya, bis ini akan mulai dioperasikan di jalan-jalan kota London pada bulan Oktober tahun ini.

Bis baru yang diklaim nol-emisi ini, dirancang dan dibuat oleh produsen mobil Tiongkok BYD, seperti dilansir oleh China Automotive News. Bahkan di lalu lintas padat, kendaraan ini memiliki kemampuan untuk menempuh perjalanan lebih dari 250 kilometer setelah satu kali pengisian daya.

Rencana ini telah diumumkan oleh Walikota London Boris Johnson ketika berlangsungnya Clean Bus Summit baru-baru ini di ibukota Inggris.

Produsen bus internasional termasuk Volvo, Wright Bus, dan Mercedes juga telah berpartisipasi dalam Clean Bus Summit dan berjanji untuk berupaya membuat bis beremisi rendah untuk kota-kota di seluruh dunia. Promosi kendaraan listrik telah mengumpulkan dukungan di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir untuk mengurangi polusi.

Bank Dunia dan Green Investment Bank juga telah mendaftar untuk ikut serta dalam komitmen ini. Didasarkan pada Global Clean Bus Declaration, yang dikembangkan oleh Walikota dalam kemitraan dengan C40 Cities Climate Leadership Group, diluncurkan di Buenos Aires Maret 2015. Empat kota tambahan lainnya, adalah Amsterdam, Lima, Catalonia (Barcelona), dan Roma telah mendaftar untuk deklarasi ini.

Pada Clean Bus Summit ini juga dihasilkan:

  • 24 kota dunia berkomitmen untuk mengoperasikan lebih dari 40.000 bus emisi ultra-rendah pada tahun 2020
  • Produsen bus berkomitmen untuk memberikan bus emisi ultra-rendah sebagai bagian dari global Clean Bus Summit
  • Bis tingkat listrik pertama di dunia akan dioperasikan di London pada bulan Oktober
  • Walikota menegaskan semua bus baru yang bergabung dengan armada London pusat sekarang ULEZ-compliant, atau memberikan perbaikan kualitas udara yang penting.

Penjualan kendaraan energi baru di Tiongkok melampaui 72.000 pada semester pertama 2015, mengalami peningkatakn hampir tiga kali lipat dibandingkan dengan tahun 2014, menurut Departemen Perindustrian dan Informasi.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : flickr – Kevin Poh