Mobil Ini Dapat Dikendalikan dengan Kemampuan Pikiran

(Business Lounge – Automotive) Kalau berita tentang mobil tanpa supir, sudah cukup sering kita dengarkan bahkan mobil keluaran Google telah diuji coba di jalan-jalan di Silicon Valey (Baca: Mobil Self Driving Google Sudah Diijinkan Jelajahi Silicon Valley).

Namun kini ada mobil yang dikendalikan dengan kemampuan otak. Tidak perlu untuk memegang kemudi atau menginjak pedal lagi.

Para ilmuwan dari Universitas Nankai Tiongkok telah menemukan sebuah mobil yang dapat dikendalikan hanya dengan kemampuan otak. Pada hari Rabu (15/7), mobil ini telah melalui uji coba di perguruan tinggi tersebut. Mobil yang dapat dikendalikan dengan kemampuan pikiran tersebut telah berhasil melakukan tugasnya seperti menyalakan mesin, bergerak maju dan mundur, serta berhenti. Semuanya dikendalikan oleh pikiran.

Menurut kantor berita Xinhua, mobil tersebut diinstal dengan sistem komputer dan unit kontrol elektronik, yang dapat menerima sinyal dari tutup kepala yang sesuai dengan sensor gelombang otak 16.

Proyek ini dikembangkan bersama oleh tim peneliti dari Universitas Nankai dan produsen mobil Great Wall Motor. Pemimpin tim Duan Feng mengatakan ia berharap teknologi bisa mengubah bagaimana mengemudi dengan membantu orang cacat untuk dapat berkendara.

Meskipun tes itu terbukti sukses, Duan mengatakan mobil ini tidak siap untuk masuk ke pasaran. Pada tahap berikutnya tim akan lebih meningkatkan sistem listrik mobil, untuk membuatnya lebih aman, dan membuat produk ini lebih user-friendly.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : cctvnews