Hermès – Only the horse knows how the saddle fits

Hermes Cover 2(Business Lounge – Company Profile)

Hermès International S.A., atau biasa dikenal “Hermès” memang sering kali menjadi suatu icon bagi para pencinta fashion yang menggambarkan simbol status ekonomi seseorang. Bagaimana tidak, harga satu buah produknya saja sudah dapat berbicara. Kini Hermès mengkhususkan diri dalam produk kulit, aksesoris gaya hidup, wewangian, barang-barang mewah, dan barang-barang ready-to-wear. Pada umumnya produk ini banyak diburu mulai dari para selebriti, sosialita, hingga pejabat negara.

Sejarah Awal Hermès

Pendiri Hermes

Hermes houseRumah mode mewah ini didirikan pertama kali tahun 1837 oleh Thierry Hermès, seorang Jerman yang kemudian dibesarkan di Prancis. Thierry Hermès pertama kali mendirikan Hermès sebagai workshop pelana kuda di Grand Boulevard, Paris, didedikasikan untuk melayani bangsawan Eropa. Dia menciptakan tali kekang kuda dan pelana yang berkualitas tinggi dan memenangkan beberapa penghargaan termasuk hadiah pertama di kelasnya pada tahun 1855 dan 1867 di Expositions Universelles di Paris. Pada saat itu para bangsawan termasuk Napoleon III menjadi kliennya.

Inilah asal mula logo Hermès yang menggambarkan kereta kuda bangswan dengan jokinya. Di bawah kepemimpinan baru, Charles-Emile Hermès kemudian mulai membuat tas Courroies a haut yang khusus dirancang untuk penunggang kuda.

Di awal tahun 1900, Hermès berkembang pesat dan mulai banyak peminatnya. Semakin berkembang di dalam produknya hingga memproduksi jaket golf dengan ritsleting yang dibuat untuk  prince of Wales. Lalu kemudian juga mengeluarkan beberapa produk fashion dan asesoris.

Pada tahun 1922, brand ini kemudian dikenal luas saat mereka mulai membuat dan memasarkan tas tangan untuk wanita dan ternyata banyak diminati kaum sosialita Eropa tahun 1950. Hermès pun mengembangkan berbagai produknya tidak hanya terbatas pada tas, sehingga terciptalah pakaian (1929), syal (1930), dasi sutra (1946), ikat pinggang, aksesoris, hingga parfum (1949), bahkan pajangan kristal (1990). Hermès kini menjadi rumah mode yang paling bergengsi hampir di seluruh dunia.

Mengapa Tas Hermès Sangat Mahal?

Hermes Many BagsMMenjinjing tas satu ini sering dilihat sebagai simbol status seseorang karena harganya yang fantastis hingga miliaran rupiah untuk satu unit tasnya. Tidak heran, tas ini sangat diminati kalangan artis populer di dunia. Ketika Anda melihat harga pada tas Hermès, hal pertama yang mungkin timbul dalam pikiran Anda adalah mengapa tas Hermès sangat mahal?

* Hermès tidak membuat tasnya dengan mesin.

Hermès dari awal hingga sekarang ini tetap dengan filosofi membuat produknya tanpa menggunakan mesin seperti di pabrik-pabrik tas pada umumnya. Hermès ternyata hanya dibuat oleh tangan seorang pengrajin tunggal dari memotong, melipat, hingga menjahit. Semua dilakukan oleh tangan si pengrajin tanpa bantuan mesin sedikit pun.

* Membutuhkan waktu yang panjang

Untuk memproduksi satu unit tas Hermès membutuhkan waktu 16-20 jam, ini menjelaskan mengapa tidak begitu banyak tas yang diproduksi oleh Hermès.

* Tidak ada yang sama

Karena pengerjaan tas Hermès dilakukan satu-persatu, maka jarang ditemukan detil tas Hermès yang serupa. Jika tas tersebut memiliki cacat sedikit saja dalam proses pembuatan, maka tas tersebut tidak akan dijual dan segera dimusnahkan. Tas yang akan dikeluarkan untuk dijual harus memenuhi standar mereka. Jika tidak maka tidak dapat dijual demi menjaga kualitas brand mereka.

Hermes Bag

* Terbuat dari kulit binatang

Bahan kulit yang digunakan untuk tas Hermès sendiri sangat eksklusif yaitu menggunakan kulit buaya asli. Untuk memperoleh kulit yang berkualitas juga tidak mudah, kulit buaya yang akan digunakan tidak boleh luka atau cacat demi menjaga kualitas tas Hermès. Untuk satu tas Birkin Hermès saja membutuhkan tiga ekor buaya. Bahkan, tidak jarang, Hermès mengeluarkan edisi tas spesial mereka menggunakan berlian dan berhasil terjual seharga $ 203,150 atau kurang lebih Rp 1,8 miliar dalam sebuah lelang. Selain itu ada juga tas dari kulit betis kambing, burung unta, dan kadal. Untuk kulit burung unta, Hermès hanya menggunakan bagian bokong yang lebih lembut daripada bagian lainnya. Salah satu koleksi Birkin termahal yakni yang dibuat dari kulit buaya air asin.

* Harus mengantri minimal satu tahun untuk mendapatkannya

Kabarnya untuk membeli satu unit tas Birkin Hermès, tak semudah datang ke toko dan membayar. Kita harus masuk dalam waiting list mereka dan menunggu sekurang-kurangnya satu tahun. Meskipun mahal, masing-masing tas Birkin dibuat untuk bertahan seumur hidup dan dibuat secara teliti dan tidak menggunakan sembarang pengrajin. Hal yang lebih menarik lagi, jika Anda pemiliki salah satu tas Hermès dan ingin melakukan perbaikan, dan dapat membawa tas Anda ke salah satu toko Hermès di seluruh dunia dan tas Anda akan diterbangkan ke Hermès Atelier di Pantin, dekat Paris untuk dilakukan perbaikan. Inilah mengapa harga Hermès amat tinggi dan sering terlihat tidak masuk akal.

* Dapat dijual kembali

Tas Birkin dapat dijual kembali dengan nilai 80-120% dari harga awal pembelian. Sedangkan tas dengan merek tidak terkenal dapat dipastikan anjlok bila dijual lagi dan hanya bernilai sekitar 10% dari harga awal pembelian.

Bertahan 178 Tahun Karena Utamakan Kualitas

Hermès telah menjadi panutan bagi setiap merek fashion untuk dapat bertahan bahkan mengatasi merek-merek mewah lainnya selama lebih dari 170 tahun. Hal ini dikarenakan Hermès sangat berorientasi dengan kualitasnya. Hermès bahkan terus bertahan di tengah-tengah gejolak penurunan ekonomi secara global dan lonjakan merek pesaing lainnya oleh karena pencintanya akan terus berupaya untuk memilikinya.

Lebih dari desain, inovasi, dan pikiran kreatif ada di balik merek Hermès ini yang bertahan menghadapi tantangan pasar modern, tuntutan industri, dan kompetisi yang ketat. Hal ini menjadi dasar yang kuat dan luar biasa yang tidak dimiliki semua merek.

Hermès Melakukan Ekspansi

Hermès terus berkembang sejak tahun 2008.

* Hermès memiliki 14 divisi produk meliputi kulit, syal, dasi, pakaian pria, busana wanita, parfum, jam tangan, alat tulis, sepatu, sarung tangan, enamel, seni dekoratif, peralatan makan, dan perhiasan. Penjualan barang-barang Hermès terdiri dari 30% kulit, 15% pakaian, 12% syal, dan 43% barang lainnya.

* Hermès memiliki 315 toko eksklusif. Bahkan pada sebuah toko di Paris, terdapat kafe dan toko buku di dalam toko, serta memiliki ruang khusus.

* Hermès adalah salah satu merek mewah pertama yang meluncurkan situs e-commerce pada tahun 2001.

* Ikon kotak oranye Hermès awalnya berwarna krem dengan tepi emas meniru kulit hewan, tetapi kemudian menjadi berwarna dengan tepi coklat. Kotak oranye pertama muncul setelah Perang Dunia Kedua, karena kekurangan bahan asli. Pada tahun 1994, Hermès menerima kemasan Oscar untuk kotak oranye lipatnya. Hari ini, ada sekitar 188 ukuran kotak oranye.

* Panjang benang yang diperlukan untuk membuat 1.000 Hermès Carres sama dengan jarak antara Bumi dan Bulan.

* Direktur Artistik perusahaan, Pierre Alexis Dumas adalah anggota generasi ke-6 dari keluarga pendiri Hermès. Dumas tidak hanya diberikan perannya sebagai Direktur Artistik. Bahkan, ia telah mengatakan bahwa ayahnya (Jean-Louis Dumas dan mantan Ketua Hermès) membuatnya berjuang untuk membuktikan bahwa ia adalah orang yang tepat untuk posisi itu.

* Membangun Yayasan, D’Enterprise Hermès yang didirikan pada tahun 2008 oleh Pierre-Alexis Dumas (Presiden). Sampai hari ini, membantu dalam mempromosikan keterampilan kerajinan tradisional, memberikan dukungan untuk seni kreatif, komitmen untuk pendidikan dan pelatihan, dan masalah lingkungan.

Penjualan Hermès

Sales Hermes 2014 (1)

Sales Hermes 2014 Sales Hermes 2014 (2)

Chintya Indah/Ruth Berliana/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: Hermès