Hari Ini, Apple Pay Diluncurkan di Inggris

(Business Lounge – Business Insight) Apple Pay, sistem pembayaran mobile yang memanfaatkan teknologi NFC (Near Field Communication) hari ini secara resmi diluncurkan di Inggris. Dilansir dari Ubergizmo (13/7) sistem pembayaran milik Apple yang akan beroperasi di iPhone 6, iPhone 6 Plus, dan Apple Watch telah mendapatkan dukungan dari beberapa bank antara lain Bank of Scotland, Halifax, Ulster Bank, NatWest, American Express, Santander, Royal Bank of Scotland, Nationwide, HSBC, Firs Direct, TSB, MBNA, dan Lloyds Bank.

Retailer yang bekerjasama dengan Apple untuk mengijinkan pengguna membayar menggunakan layanan Apple Pay termasuk Boots, Costa Coffee, Marks & Spencer, dan Waitrose, serta Transport For London.

Outlet baru Apple untuk berita pilihan telah membuat pengumuman di Inggris, dengan di dalamnya terdapat sebuah artikel penuh dengan gambar Apple Pay dan sebuah video tentang bagaimana cara kerja Apple Pay itu sendiri.

Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa mereka dapat menambahkan kartu untuk Passbook yang digunakan di Apple Pay, caranya dengan mengaturnya di Settings>General>Language dan Regions.

Apple Pay merupakan sistem pembayaran mobile yang diperkenalkan Apple untuk menggantikan metode pembayaran manual dengan menggunakan kartu kredit ataupun debit. Apple Pay didukung oleh teknologi yang berada di dalam iPhone 6, iPhone 6 Plus dan Apple Watch, seperti antena NFC, fitur keamanan Touch ID, serta fitur Passbook yang ada dalam iOS.

Berikut beberapa keuntungan menggunakan sistem pembayaran Apple Pay dibanding kartu kredit atau debit :

  1. Pengguna bisa melakukan transaksi dengan hanya melakukan sentuhan jari di sensor Touch ID.
  2. Kartu yang dibuat akan disimpan di Passbook. Apple mengklaim bahwa informasi kartu debit atau kredit yang disimpan di dalam Passbook tidak tercatat baik di perangkat iPhone atau di server Apple.
  3. Setiap transaksi yang dilakukan akan dikonfirmasi dengan satu kode unik khusus yang dinamis, menggantikan kode keamanan statis yang berada di belakang kartu kredit/debit pengguna.
  4. Apple tidak mencatat barang apa yang pengguna beli, di mana membelinya, dan berapa harganya. Sementara kasir tidak bisa melihat nama serta nomor kartu kredit/debit, berikut kode keamanannya.
  5. Apple Pay menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC). Teknologi ini yang saat ini juga sedang dikembangkan baik oleh Apple, Google, maupun Microsoft, sehingga teknologi ini nantinya akan juga dapat digunakan di banyak perangkat lain.

Untuk Indonesia, sepertinya masih memerlukan waktu untuk layanan ini efektif digunakan.

W.Lubis/VMN/BL/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Lidia Wulan