Beberapa Cara Mendapatkan Respek Di Lingkungan Kerja Anda

(Business Lounge – Empower People) – Mendapatkan respek dalam lingkungan kerja, sudah pasti menjadi keinginan setiap orang. Apa gunanya jika seseorang sudah bekerja dengan keras, dan menuruti apa yang diperintahkan atasan, tetapi pada akhirnya tidak mendapatkan respek juga? Sia-sia, bukan? Nah, banyak cara yang dilakukan orang agar mendapatkan respek di lingkungan kerjanya. Mulai dari bekerja keras, memberi hadiah kepada atasan atau rekan kerja yang berulang tahun, dan berbagai cara lainnya yang mungkin sudah Anda upayakan agar Anda mendapatkan respek dari seluruh orang di lingkungan kerja, mulai dari atasan, rekan kerja yang sama kedudukannya dengan Anda, dan bahkan bawahan Anda.

Pertanyaannya kini, apakah dengan bekerja keras saja Anda pasti mendapatkan respek? Belum tentu! Bagaimana jika Anda memberikan hadiah kepada atasan maupun rekan kerja? Belum tentu juga Anda pasti mendapatkan respek! Jadi, bagaimanakah caranya? Ada beberapa hal yang dapat membuat Anda untuk mendapatkan respek di lingkungan pekerjaan Anda, antara lain :

Anda bisa menunjukkan nilai-nilai Anda

Penting sekali untuk menunjukkan nilai-nilai Anda dalam lingkungan pekerjaan Anda. Tentunya, harus nilai-nilai yang positif. Dengan Anda menunjukkan nilai-nilai Anda di lingkungan pekerjaan, maka bisa dikatakan bahwa Anda adalah orang yang punya prinsip dan tidak mudah terombang-ambing. Contohnya, jika dalam kantor ada yang melakukan penggelapan uang, dan Anda tidak termasuk di dalamnya, maka Anda akan terlihat memegang nilai yang teguh, dan tentunya apa yang Anda lakukan akan mendapatkan respek dari atasan maupun rekan sekerja Anda.

Anda hormat kepada atasan, dan sopan terhadap rekan kerja Anda

Menghormati atasan merupakan hal yang penting. Di saat orang di kantor sibuk membicarakan atasannya, Anda tidak boleh menjelek-jelekkan atasan Anda. Saya ingat, kadang ada orang yang suka sekali membicarakan atasannya di sosial media. Ya, saya mau katakan bahwa hal seperti itu tidaklah baik, karena dari sikap Anda maka atasan Anda akan memberikan penilaian terhadap Anda. Dan, bagaimana atasan Anda bisa respek terhadap Anda jika Anda terkenal sebagai orang yang suka membicarakan atasan? Bisa jadi Anda adalah orang yang rajin bekerja, tetapi jika Anda ketahuan suka juga membicarakan atasan Anda, jangan heran jika atasan Anda tidak respek terhadap Anda, meskipun Anda sudah bekerja keras. Dan, bukan hanya kepada atasan saja, melainkan juga terhadap rekan sekerja Anda, biasakan juga untuk bersikap sopan, karena dari kesopanan Anda terhadap mereka maka Anda akan mendapatkan respek.

Anda terlihat memiliki passion dalam bekerja

Passion dalam bekerja, sangatlah penting! Anda perlu tahu, jika sikap Anda di kantor terlihat asal bekerja, dan tidak memiliki passion serta gairah dalam bekerja, maka sudah pasti Anda tidak akan mendapatkan respek dari atasan maupun rekan sekerja Anda. Bekerja itu tidak boleh asal bekerja, tetapi juga harus terlihat ada passion atau gairah di dalam mengerjakannya. Dan, salah satu tandanya Anda memiliki passion atau gairah dalam bekerja adalah dari wajah Anda yang selalu tersenyum dan tidak pernah terlihat suntuk ketika bekerja. Jangan salah, dari senyum Anda pun orang bisa menaruh respek pada Anda.

Anda terlihat memiliki tujuan dalam bekerja

Selain passion atau gairah dalam bekerja, Anda juga harus memiliki tujuan yang jelas ketika bekerja. Tujuan tersebut, tentunya harus diselaraskan dengan visi dan misi perusahaan. Jika Anda bekerja dengan tujuan yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan, tentu saja Anda akan mendapatkan respek, terutama dari atasan Anda. Jika Anda bekerja keras, tetapi apa yang Anda kerjakan tidak sesuai dengan visi dan misi perusahaan, hal itu sama saja percuma. Karena memang, atasan Anda pastinya akan respek jika Anda mengerjakan semua pekerjaan yang selaras dengan tujuan perusahaan.

Anda aktif dalam memberikan ide dalam rapat dan tidak memotong ide orang lain

Hindari perilaku yang hanya diam dalam rapat! Menuruti perintah atasan itu baik, tetapi terkadang atasan tidak menyukai orang yang hanya berkata “yes boss” saja, tetapi tidak ada inisiatif atau sumbangan ide saat rapat. Ketika Anda berani untuk mengungkapkan ide Anda dalam rapat, tanpa bermaksud menjatuhkan orang lain, maka orang pastinya akan respek terhadap Anda. Dan, ada hal penting yang harus Anda ketahui, yaitu meskipun Anda aktif dalam memberikan ide, jangan biasakan memotong ide orang lain. Hal itu, bisa menyebabkan orang menjadi tidak respek terhadap Anda. Menyampaikan ide itu sangat baik, tetapi etika dalam berbicara juga tetap harus diperhatikan tentunya.

Tidak terlibat dalam gosip tentang lingkungan pekerjaan

Jika Anda terbiasa menggosip, Anda sudah harus berhenti! Menggosip itu, selain tidak baik, juga berakibat negatif kepada Anda, yaitu orang lain tidak akan respek kepada Anda. Bagaimana orang akan respek terhadap orang yang sudah dikenal sebagai penggosip? Mulai sekarang, jika Anda ingin mendapatkan respek yang lebih, berhentilah menggosip dan bekerjalah dengan baik di tempat kerja Anda.

Dan, yang tidak boleh dilupakan, Anda harus ramah kepada setiap orang yang ada dalam lingkungan kerja!

Ini sangatlah harus diperhatikan! Orang yang terbiasa ramah dan tersenyum, serta menyapa setiap orang yang ada di lingkungan pekerjaan, pastinya akan mendapatkan respek. Kelihatannya ini hal yang sederhana, tetapi dengan Anda bersikap ramah dan suka menyapa orang, tanpa melihat strata orang tersebut, pastinya orang akan respek dan menghargai Anda karena perilaku Anda yang terpuji.

Zefanya Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL