Ingin Meningkatkan Penjualan Produk Atau Jasa Anda? Ini Caranya!

(Business Lounge – Empower People) – Seperti yang kita ketahui sekarang, persaingan di dalam penjualan semakin meningkat. Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan volume penjualan produk maupun jasa. Ada yang melakukan promosi dengan cara memasang iklan, menyebar brosur, memasang di billboard, dan lainnya. Namun, selain metode pemasaran, ada juga hal yang harus Anda perhatikan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda, yaitu sales Anda!

Sales Anda adalah aset perusahaan Anda. Banyak orang beranggapan bahwa team sales bukanlah yang penting. Bahkan, jika ditanya, pasti jarang orang yang mau berada di posisi tersebut. Namun, Anda jangan salah, karena team sales sebenarnya adalah ujung tombak dari perusahaan. Tanpa adanya sales, maka produk atau jasa yang dihasilkan tidak dapat dijual dan dipasarkan.

Namun, bagaimana agar team sales, yang adalah asset perusahaan Anda, bisa membuat produk atau jasa Anda dikenal di pasaran serta meningkatkan volume penjualan produk atau jasa Anda? Tentunya semua hal harus diperhatikan, mulai dari rekrutmen, pelatihan dan insentif agar team sales Anda berhasil menjual produk atau jasa Anda dalam jumlah yang banyak. Nah, apa sajakah yang perlu diperhatikan tersebut?

Usahakan Anda merekrut sales yang memiliki passion di bidang bisnis Anda

Dalam suatu perusahaan, memang pastinya mau merekrut sales sebanyak-banyaknya agar penjualan meningkat. Tetapi, sebenarnya merekrut sales itu tidak boleh asal-asalan, karena akan menjadi sangat sulit bagi Anda nantinya jika merekrut sales yang tidak memiliki passion di bidang bisnis Anda.

Perlu diketahui juga, alasan seseorang mau menjadi sales, bisa jadi karena alasan yang penting dapat kerja, atau bisa jadi hanya karena iseng. Jadi, penting sekali untuk diketahui terlebih dahulu passion seseorang yang mau melamar menjadi sales di perusahaan Anda. Contohnya adalah, jika calon sales memiliki passion untuk berjalan-jalan, cocok baginya menjadi sales tour and travel. Contoh lainnya, jika calon sales menyukai kecantikan, cocok untuk menjadi sales kosmetik. Jadi, usahakan merekrut sales yang memiliki passion atau kegemaran yang cocok dengan bidang bisnis yang sedang Anda jalankan.

Pertanyaannya kini, memang sulit merekrut sales, dan yang Anda dapatkan ternyata tidak punya passion yang cocok di bidang bisnis yang Anda jalankan, tetapi mereka ingin bekerja, bagaimana seharusnya?

Sebenarnya tidak sulit, hanya jika kondisinya seperti itu, Anda yang harus menanamkan passion kepada sales Anda agar mereka dapat menjual produk atau jasa Anda dengan pengertian serta kebanggaan akan produk atau jasa Anda. Misalnya, jika bidang bisnis Anda adalah kosmetik, tekankan akan kelebihannya ketika mengajari sales Anda, dan jelaskan keuntungannya serta bangganya menjadi sales kosmetik produk Anda. Dengan itu, maka passion atau kegemaran para sales Anda akan produk atau jasa Anda akan semakin bertumbuh.

Ajarkan mereka untuk transparan dalam pekerjaan

Ini sangatlah penting dilakukan, agar para sales tidak merugikan Anda pada akhirnya. Anda harus mengajarkan para sales untuk transparan dalam bekerja, tidak ada yang disembunyikan, dikurangi, maupun ditambah. Hal itu bisa dilakukan dengan meminta mereka membuat daily report setiap hari, dan menunjukkan buktinya kepada supervisor mereka atau kepada Anda.

Ajarkan mereka untuk bisa mempresentasikan produk atau jasa dengan baik dan benar

Ini sangat penting untuk dijelaskan kepada semua team sales Anda, bahwa di dalam memasarkan produk atau jasa, semuanya harus dapat dijelaskan secara benar kepada calon konsumen. Pertama, jelaskan mengenai sopan santun, bahwa hal itu sangat diperlukan, karena setiap orang, termasuk calon konsumen pastinya menilai kita dari sopan santun. Selain itu, team sales juga harus mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan keahlian mereka, seperti pelatihan selling skill, presentation skill, dan pelatihan lainnya yang menunjang. Dengan keahlian dalam presentasi, pastinya hal tersebut mempermudah team sales Anda untuk menjual produk dan jasa Anda.

Berikan promotion kit yang menarik untuk para sales Anda, sehingga tidak mempersulit para sales

Memang lebih mudah bagi para sales untuk menjual produk atau jasa, apabila mereka diperlengkapi dengan promotion kit yang menarik, seperti company profile, bahkan tester dari produk itu sendiri. Jangan biarkan team sales Anda berjualan tanpa promotion kit yang lengkap, melainkan pastikan promotion kit yang akan dibawa sudah lengkap. Dan, promotion kit yang diberikan juga harus yang dibuat dalam kemasan yang menarik. Apabila kemasan dari promotion kit tersebut menarik, hal itu juga akan membuat calon konsumen akan terus mengingat produk atau jasa Anda, dan bisa saja pada akhirnya akan melakukan pembelian.

Berikan insentif yang menarik kepada para sales

Ini tidak boleh dilupakan, karena inilah salah satu faktor pemicu mereka untuk terus melakukan penjualan produk atau jasa Anda. Insentif yang diberikan, harus juga sanggup menarik team sales Anda. Adalah lebih baik, jika insentif yang akan diberikan, disesuaikan dengan jumlah penjualan yang dilakukan team sales. Jika team sales berhasil menjual dalam jumlah yang banyak, tentunya skema insentif yang diberikan harus berbeda, yang berarti lebih tinggi perhitungannya dibandingkan yang menjual sedikit. Selain insentif dalam bentuk uang, bisa juga diberikan hal yang menarik lainnya, seperti liburan gratis dan ditanggung perusahaan, atau hadiah seperti mobil atau sepeda motor.

Zefanya Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL