Innovative Marketing ala Shiroi Koibito

Shiroi Koibito

(Business Lounge – Manage Your Business) Pernah menonton film kerajaan permen dan coklat anak-anak? Dengan rumah-rumah cantik berwarna warni yang dipenuhi coklat dan permen? Seperti itulah gambaran dari Shiroi Koibito Park, taman kue, gula-gula, dan coklat yang berada di Sapporo, Hokkaido.

Pabrik kue dan coklat Ishiya.,Co.Ltd. sebenarnya berdiri sejak 300 tahun yang lalu, sebagian bangunannya adalah bangunan tua yang kokoh. Produk spesial yang bernama Shiroi Koibito pertama kali dijual tahun 1976 dan laku terjual 200 juta unit serta terpilih sebagai salah satu souvenir sales terbaik di Jepang. Baru sejak 20 tahun belakangan ini yaitu tahun 1995 pabrik Shiroi Koibito dibuka untuk umum. Sejak itulah penjualan produk-produk Shiroi Koibito menanjak.

Pabrik Shiroi Koibito

Galeri yang Menarik

Menarik untuk mempelajari cara Shiroi Koibito memasarkan produknya. Ishiya membuat sebuah “park” sebagai  product show gallery. Pada kunjungan saya ke sana, memang tempat ini sangat menyenangkan. Hati-hati Anda akan “kepincut” dengan tempat ini. Penampakan luar gedungnya saja sudah sangat menarik. Begitu masuk Anda akan merasa berada di sebuah taman indah yang ajaib seperti di cerita dongeng. Bunga-bunga ada di mana-mana, patung-patung koki coklat yang dapat bernyanyi dan bergerak serta gedung-gedung berwarna coklat bagaikan cookies.

Pengunjung harus membayar 300 yen untuk dewasa dan 200 yen untuk anak-anak sebagai tiket masuk dan dihadiahi sebuah passport dan sample kue andalan yang dijual, yaitu cookies sandwich Shiroi Koibito white chocolate dan milk chocolate. Pengunjung diajak untuk berkeliling terlebih dahulu mempelajari tentang serba-serbi coklat yang sangat menarik, mulai dari sejarah hingga proses pembuatannya dan melihat langsung pabriknya dari ruang kaca. Anda akan diajak mencintai coklat mulai dari mencium aroma coklat, melihat bentuk aneka ragam coklat dan gula dan tentu mencicipinya hingga tanpa terasa berakhir di galeri penjualan produk yang beragam seperti gula-gula, cookies, susu coklat, es krim coklat, dan vanilla, cheese cake, wafer hingga ke art craft yang terbuat dari gula dengan bentuk-bentuk unik yang indah. Anda bahkan bisa mencoba membuat cetakan gula sendiri. Menarik! Membangkitkan selera dan mampu mendorong daya beli pengunjung tersedot habis!

Sugar Craft Studio Shiroi

Innovative!

Shiroi Koibito nampaknya memperhatikan bahwa penyuka coklat adalah semua orang, bukan hanya anak-anak. Bagi anak-anak tempat ini bagaikan taman bermain yang sangat menyenangkan. Namun bukan cuma anak-anak, orang dewasa pun sangat suka melihatnya. Shiroi Koibito menampilkan kesan bahwa coklat adalah sebuah “art” dan dibuat dengan kualitas yang tinggi. Kemasan-kemasan produknya juga dibuat sangat cantik, menambah semangat mencoba rasanya.

Sugar Craft

Dalam hal ini  CEO Shiroi Koibito 20 tahun yang lalu membuat langkah yang tepat. Memasarkan produk dengan cara yang unik dan membawanya ke seluruh dunia. Jika Anda menginginkan sebuah contoh innovative marketing maka inilah contoh yang innovative. Innovative marketing menggunakan kreatifitas untuk meraih setiap peluang yang ada dan mengubahnya menjadi mesin uang. Setiap peluang dipikirkan sedemikian rupa sehingga menghasilkan ide brillian yang memberikan nilai tambah pada produk. Kue dan coklat Shiroi Koibito mungkin adalah salah satu dari maraknya bisnis cookies dan coklat di Hokkaido, namun mampu untuk mengalihkan perhatian wisatawan dan penyuka coklat untuk memilih membeli produk Shiroi Koibito sebagai oleh-oleh pilihan.

Vera Herlina Vera Herlina/VMN/BL/CEO of Management Soft Skill Academies Vibiz Consulting Group