Citigroup – Citi Never Sleeps

SpecialReportBL-CityGroup(1)

(Business Lounge – Company Profile) Citigroup lahir dari sebuah perjalanan panjang bank sentral pertama Amerika Serikat. Samuel Osgood adalah pendukung perdagangan luar negeri dan bapak pendiri bank sentral AS dan menjadi direktur Bank of Amerika Utara, didirikan pada tahun 1781, dan sebagai kasir dengan Massachusetts Bank, yang didirikan pada tahun 1784. Osgood adalah pendukung kuat dari perdagangan dengan negara-negara asing.

Lahir Sebagai Hasil Persaingan Pedagang Antar Kota

Pada tahun 1790 Alexander Hamilton mengusulkan pembentukan Bank of Amerika Serikat setelah sebelumnya Amerika hanya memiliki empat bank, Bank of America Utara di Philadelphia (yang tertua), Bank of New York, yang dibuka pada tahun 1784, Massachusetts Bank di Boston, Bank of Maryland di Baltimore.

Pada tahun 1791, untuk pertama kalinya bank sentral Amerika menjadi bank sentral. Hamilton, Menteri Keuangan di bawah Presiden George Washington, melihat perlunya bank federal untuk mengelola keuangan pemerintah melintasi batas-batas negara.

Persaingan yang terjadi antara pedagang yang ada di New York dengan pedagang yang ada di kota-kota lain seperti Philadelphia, Boston, dan Baltimore membawa keputusan untuk didirikannya bank baru pada 1811 oleh sekelompok pedagang. Pendapat yang merupakan kesepakatan antara para pedagang New York dengan Presiden AS James Madison ini, membuahkan keputusan untuk mendirikan bank baru.

Bagaimana dengan tanggal pendiriannya, kembali pada pendirian tiap-tiap perusahaan: Bank Kota New York (kemudian Citibank) pada tahun 1812; Bank Handlowy pada tahun 1870; Smith Barney pada tahun 1873, Banamex pada tahun 1884; Salomon Brothers pada tahun 1910.

Proyek Megamerger Beberapa Perusahaan

Pada tahun 1998 terjadilah megamerger dari raksasa perbankan Citicorp dan jasa keuangan non-perbankan dan raksasa asuransi Travelers Group Inc senilai $ 140 miliar. Perusahaan ini menawarkan berbagai macam jasa keuangan untuk konsumen dan bisnis, yang menghasilkan sekitar 200 juta rekening nasabah di lebih dari 100 negara.

Citigroup Inc atau Citi pun menjadi bank multinasional dan jasa keuangan korporasi Amerika yang berkantor pusat di Manhattan, New York City. Perjalanan sukses Citigroup tentunya tidak hanya mulus-mulus saja, berbagai tantangan dan rintangan dihadapi termasuk pada saat ia menderita kerugian yang besar selama krisis keuangan global 2008 dan diselamatkan pada bulan November 2008 dalam sebuah paket stimulus besar-besaran oleh pemerintah AS.

Citigroup Saat Ini

Januari 2015, Citi adalah yang perusahaan (bank) terbesar ketiga di AS. Pemegang saham terbesar meliputi dana dari Timur Tengah dan Singapura. Pada puncaknya hingga krisis keuangan global tahun 2008 Citigroup merupakan perusahaan terbesar dan bank di dunia dengan total karyawan 357.000 orang. Citigroup memiliki jaringan layanan keuangan terbesar di dunia, yang mencakup 140 negara dengan sekitar 16.000 kantor di seluruh dunia dan memegang lebih dari 200 juta rekening nasabah di lebih dari 140 negara.

Misi Citi: Enabling Progress

Pengalamannya selama 200 tahun dalam menghadapi berbagai tantangan terberat di dunia dan merebut peluang yang terbesar, Citi terus berusaha untuk menciptakan hasil terbaik bagi klien dan pelanggan dengan solusi keuangan yang sederhana, kreatif, dan bertanggung jawab. Citi telah menghubungkan lebih dari 1.000 kota, 160 negara, dan jutaan orang.

Dalam tujuannya secara umum dari Citi yaitu menjadi satu tim, dengan satu tujuan, melayani klien, dan stakeholder. Finance yang bertanggung jawab, seperti perilaku yang transparan, bijaksana, dan tentunya dapat diandalkan. Meningkatkan kehidupan klien melalui inovasi yang memanfaatkan luas dan kedalaman informasi, jaringan dan kelas dunia produk global. Kepemimpinan Citi, mengandalkan orang-orang berbakat dengan pelatihan terbaik yang berkembang dalam meritokrasi beragam yang menuntut keunggulan, inisiatif dan keberanian.

Novita Regina/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana