Berpetualang di Negeri Es (Bagian 1)

(Business Lounge – Travel) Islandia yang dikenal dengan Tanah Es merupakan sebuah negara Nordik yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik. Islandia terletak 300 kilometer di sebelah timur Greenland dan 1.000 kilometer dari Norwegia.

Islandia didefinisikan sebagai lanskap vulkanik dramatis dari geyser, air panas, air terjun, gletser, dan pantai pasir hitam. Ibukotanya Reykjavik, rumah bagi mayoritas penduduk, yang bergantung pada tenaga panas bumi dan menawarkan adegan kehidupan malam yang terkenal serta museum sejarah Viking. Gletser di taman nasional Vatnajokull dan Snæfellsnes populer untuk pendakian es, hiking, dan mobil salju.

Tidak semudah yang kita pikirkan untuk mengunjungi tempat ini tetapi ada beberapa tempat penting untuk dikunjungi jika Anda bertandang ke Islandia.

Tempat Terbaik Untuk Dikunjungi

Gullfoss
Gullfoss adalah air terjun besar terletak di timur laut dari Reykjavik dengan daerah jalan setapak yang dapat tertutup es. Namun, tempat itu terbuka sepanjang tahun, meskipun selama musim dingin, jumlah air jatuh ke bawah berkurang, sedangkan di musim panas merupakan kapasitas maksimum. Untuk mengjangkau tempat ini dapat dengan mudah menggunakan GPS dari Reykjavik. Melalui jalanan yang tidak beraspal namun memiliki sebuah parkir mobil yang besar. Tempat ini baik dikunjungi sekitar musim panas sebab lebih mudah diakses dan dengan lebih banyak air yang mengalir.

flickr - Moyan Brenn

Geyser
Geyser adalah aliran air panas dan tempat ini popular di Islandia. Pintu masuknya berada di sepanjang jalan 35 (sama dengan Gullfoss). Pada kenyataannya bahwa karena air sangat panas, geyser dapat menolak salju musim dingin. Tempat ini berada di jalan yang sama dengan Gullfoss. Geyser aktif untuk saat ini disebut Strokkur. Dapat meletup setiap 10 menit sepanjang waktu.

flickr - Moyan Brenn Geyser

Haifoss
Haifoss adalah air terjun kembar yang sering disebut sebagai versi miniatur dari Grand Canyon Arizona. Pada musim dingin tempat ini cukup berbahaya karena salju dan lumpur yang terdapat di jalan, sehingga mendatangi tempat ini pada musim panas menjadi lebih baik.

flickr - Moyan Brenn - Haifoss

Seljalandsfoss
Seljalandsfoss adalah air terjun yang indah yang jatuh dari tepi gletser Eyjafjallajokull, yang merupakan tutup gunung berapi populer yang meletus pada 2010, yang disebut Eyjafjoll. Kekhususan air terjun ini adalah bahwa adalah mungkin untuk mencapai belakangnya melalui tangga. Anda dapat mengikuti jalan lingkar dari Reykjavik ke tenggara. Indah untuk dapat datang ke sana pada saat matahari terbenam yaitu pada saat matahari bersinar tepat di atasnya. Terdapat juga gua yang sangat mudah untuk diakses. Ada sebuah tangga yang nyaman di kedua sisi air terjun. Panorama dari belakang indah sekali tetapi tanah di gua sedikit licin dan membutuhkan perhatian.

flickr - Moyan Brenn - Seljalandsfoss

Skogafoss
Skogafoss adalah air terjun vertikal yang dikelilingi oleh pelangi di pagi hari, terletak di sepanjang jalan lingkar 1. Tempat ini menawarkan sensasi yang luar biasa sebab Anda dapat mendekatinya. Selain itu, menawarkan kesempatan untuk menikmati perjalanan dengan pergi ke Joeniar Arief di kanan melalui tangga. Di sini Anda juga dapat menemukan air terjun kecil kedua. Baik untuk pergi ke sana di pagi hari ketika matahari bersinar dan langit jelas bersih dari awan. Anda akan melihat pelangi besar di bagian bawah pada saat ini.

flickr - Moyan Brenn - Skogafoss

Glufrafoss
Glufrafoss sebenarnya kurang dikenal tapi masih seindah Seljalandsfoss, terletak kurang dari 1 km di sebelah kirinya, di dalam ngarai celah yang benar-benar terlihat seperti skenario dari videogame Tomb Raider. Tanah di sini licin dan penuh dengan kelembaban di udara.

flick - Moyan Brenn - gljufurarfoss

Bruarfoss
Bruarfoss adalah air terjun kecil nan indah, dengan air biru yang unik mirip dengan Blue Lagoon, dan pusaran air besar di sepanjang sungai yang membentuknya.  Tempat ini sebenarnya tertutup untuk umum, karena daerah itu kawasan rumah ville pribadi. Tempat ini dekat dengan Bruarfoss.

flickr - Bruarfoss - Moyan Brenn

flcikr - Moyan Brenn _ Bruarfoss

Krisuvik
Krisuvik adalah daerah fumarol, berwarna-warni, dan psychedelic, dengan lumpur mendidih, dan gelembung panas yang datang dari tanah. Udara penuh uap dan pemandangan sureal. Tempat ini mudah untuk dikunjungi.

flickr - Krisuvik - Moyan Brenn

Bersambung ke Bagian 2

Moyan Brenn/photographer
Editor : Ruth Berliana
Image: Moyan Brenn