(Business Lounge – Manage Your Business) Google adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar dan dapat dibilang merupakan monopoli bagi jasa periklanan di dunia maya. Google, yang awalnya hanya merupakan perusahaan mesin pencari, telah bertransformasi sedemikian rupa ke banyak bisnis lainnya, seperti pemetaan (Google Maps), e-mail (Gmail), bahkan sampai ke alat-alat robotik.

Berikut ini 10 prinsip Google dalam berbisnis, yang mungkin dapat Anda tiru :

1. Fokus kepada pelanggan dan semuanya nanti akan menjadi lebih baik.

Filosofi Google ialah memuaskan pelanggan dan salah satu bentuk nyata filosofi ini adalah tampilan Google yang sangat sederhana. Jika Anda melihat website Google, maka website Google sangat sederhana, hanya terdiri dari logo Google, serta sebuah text box tempat Anda dapat mengisikan keyword yang akan Anda cari. Tapi, menurut Google, hal itu merupakan bentuk filosofi Google yang berfokus kepada pelanggan.

2. Hal yang paling baik ialah mampu mengerjakan satu pekerjaan saja, namun melakukannya dengan sangat baik.

Bisnis Google yang terutama adalah mesin pencari. Dalam perkembangan Google, maka apa yang Google fokuskan adalah bagaimana memperbaiki dan terus memperbaiki mesin pencari mereka sendiri. Banyak algoritma diperbaiki, sampai-sampai Google melakukan banyak buyout perusahaan lain, terutama perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam neural computing dan natural language programming, agar mesin pencari Google dapat bertingkah layaknya seorang manusia. Jika sekarang Google berekspansi kepada bisnis lain, misalnya Google Map, hal itu lahir dari kebutuhan pencarian peta. YouTube diakuisisi karena tingginya kebutuhan pencarian video, dan banyak lagi. Konsep Google untuk fokus ini juga sangat aplikatif untuk diterapkan, karena memang membuatnya dapat menguasai dan menjadi ahli dalam suatu industri. Ini akan lebih baik daripada bergerak pada banyak bidang, tetapi gagal menguasai bidang-bidang tersebut.

3. Bergerak cepat lebih baik daripada bergerak lambat.

Bagi Google, bisnis yang sukses adalah bisnis yang selesai. Semakin cepat pelanggan meninggalkan halaman Google, berarti semakin cepat pelanggan menemukan apa yang mereka mau, berarti Google semakin sukses. Google berpendapat bahwa business turnaround haruslah cepat, setiap pelanggan tidak ingin berlama-lama melakukan transaksi, namun jika pelanggan puas dengan transaksi yang cepat tersebut, pelanggan pasti akan kembali. Konsep Google yang satu ini sangat cocok untuk diterapkan, karena setiap pelanggan tentu lebih menyenangi pelayanan yang cepat, dibandingkan dengan yang lambat.

4. Internet adalah demokrasi.

Konsep ke-4 Google ini tidak aplikatif dalam ranah manajemen, namun yang perlu Anda lihat di sini adalah Google, walaupun dominan pada Internet, tidak menggunakan “kuasa”-nya untuk menjadi tirani, tetapi menggunakan konsep demokrasi.

5. Untuk mendapatkan jawaban, Anda tidak perlu duduk di meja.

Google berpendapat bahwa di era sekarang ini, informasi ada di mana saja. Entah pada mobile phone, atau pada orang-orang yang lalu lalang. Ini juga suatu konsep yang menarik, karena memang data dan jawaban, sulit didapatkan dengan tepat apabila Anda hanya duduk saja di kantor, tetapi sebagai manajer Anda juga harus mampu “turun ke lapangan” untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya dengan kacamata Anda sendiri.

6. Keuntungan bisa didapatkan dengan tidak berbuat jahat. (Do no evil)

Do no evil adalah semboyan unofficial Google, yang berpendapat bahwa semua jenis business model itu baik, asalkan tidak jahat dan tidak menganggu orang lain. Google tidak mau menipu, ini terlihat jelas dengan konsep Google yang membedakan mana pencarian yang berbayar (paid ads/paid search) dan mana pencarian yang sebenarnya (organic search). Konsep Google ini sesuai dengan business ethics, dan perlu Anda tiru, karena perbuatan yang baik dari perusahaan akan menghasilkan reputasi yang positif pula dan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

7. Ada banyak informasi di luar sana.

Mirip dengan poin ke-5, Google berpendapat bahwa informasi tidak bisa didapatkan hanya dengan diam di kantor, tetapi informasi harus dicari dan didapatkan dengan cara-cara yang kreatif, dan dengan cara-cara yang menarik.

8. Semua orang butuh informasi

Konsep ke-8 ini berkaitan dengan misi Google sebagai pemberi informasi dan menjadi pusat informasi. Untuk menjadikan dirinya pusat informasi, Google dapat diterjemahkan menjadi lebih dari 100 bahasa, bahkan kepada bahasa-bahasa yang bukan bahasa Inggris, bahkan di Indonesia saja Google tersedia dalam bahasa Jawa. Dalam hal ini, pelajaran yang dapat Anda ambil ialah Anda harus memiliki totalitas terhadap tujuan bisnis Anda. Bila Anda memiliki tujuan yang jelas, maka segala daya upaya harus dikerahkan untuk mencapai tujuan tersebut.

9. Anda bisa serius tanpa pakai jas

Ini merupakan fashion statement Google, yang bisa maupun tidak bisa diterapkan, tergantung kondisi Anda sendiri. Menurut Google, yang penting ialah apa yang ada pada pikiran, bukan apa yang ditampilkan melalui pakaian. Namun yang perlu Anda lihat di sini adalah Google merupakan perusahaan tech, yang memang sebagian besar pegawainya merupakan “engineer“, yang memang kurang nyaman memakai jas. Namun bukan berarti Anda perlu membuang jas Anda. Apa yang perlu Anda lakukan adalah memakai pakaian yang tepat dalam segala momen.

10. Menjadi hebat saja tidak cukup.

Ini adalah konsep Google yang ke-10, yang menunjukkan betapa ambisiusnya Google sendiri, yaitu dengan selalu berusaha dan berupaya untuk berinovasi dan menciptakan, sehingga selalu muncul hal-hal yang baru. Dalam konsep bisnis, hal ini sangat perlu, karena Anda tidak boleh terjebak dalam comfort zone. Dalam jalannya bisnis, setiap produk dan industri akan mengalami downturn cycle, dan setiap strategic advantage dapat mengalami disruptive advantage, sehingga sebagai pelaku bisnis Anda harus selalu waspada dan jangan pernah meremehkan pendatang baru, melainkan Anda sendiri harus selalu melakukan continuous improvement.

Daniel SumbayakDaniel Sumbayak/VMN/BL/Deputy Chairman of Vibiz Consulting Group, CEO of Vibiz Research Center

Related Posts

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.