Menikmati Pesona Anambas

(Business Lounge – Travel) Ya, awalnya saya tidak percaya bahwa salah satu kepulauan tropis terpopuler di Asia ada di Indonesia. Kepulauan itu bernama Anambas yang terletak di Laut Cina Selatan yaitu termasuk Kabupaten Kepulauan Anambas bagian dari Provinsi Kepulauan Riau. Salah satu pulau kecil yang merupakan pulau terluar dari teritorial Indonesia bernama Pulau Anambas. Letaknya sangat strategis berada di antara Malaysia dan Kalimantan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Kepulauan ini memiliki 238 pulau dengan potensi wisata serta keanekaragaman hayatinya yang menawan.

Anambas Map

Akhir-akhir ini, Anambas selalu menjadi buah bibir para traveler. Sudah terbukti pada 2013 keindahan kepulauan tropis yang sangat memukau ini menduduki urutan teratas dari sekian banyak pulau tropis di Asia. Pasir putih yang dimiliki semua pulau-pulau di Anambas menarik perhatian banyak orang. Tidak hanya itu, Anambas juga memiliki air laut yang jernih dan dangkal serta terisi dengan terumbu karang tempat beraneka ikan.

Anambas 1 ytb

Patut diakui bahwa air laut di kawasan ini sangat jernih sehingga dari atas permukaan air dapat terlihat jelas sampai ke dasar laut, termasuk ikan-ikan dan karang. Tidak ada alasan untuk menolak berlibur ke Anambas.

Apa yang membuat Anambas begitu istimewa? Beberapa titik menarik pada kepulauan ini adalah Pulau Bawah (memiliki laguna/ danau air laut kecil pada lautan dangkal), Pulau Selai (memiliki titik penyelaman bagi para pemula), Pulau Berhala (lokasi menyelam maupun snorkeling terbaik) serta Pantai Padang Melang (pantai terpanjang di Kepulauan Anambas). Selain itu masih ada Pantai Temawan dan Pulau Mengkait yang merupakan kampung nelayan. Beberapa pulau yang berada di Anambas seperti Pantai Rangsang, Pulau Bawah, Pulau Rongkat, dan Pantai Pulau Penjalin terbentuk oleh gugusan pulau di tengah lautan lepas.

Anambas 2 ytb

Saat air laut sedang surut maka gugusan beberapa pulau akan tersambung dengan pasir dan membentuk pembatas antara air laut di dalam dan di luar gugusan pulai. Dasar laguna tersebut berupa pasir putih dengan sebaran terumbu karang di sejumlah titik.

Anambas 3ytbFlickr #Anambas by rush_arruby

Nikmatilah keindahan hamparan laut biru yang bersih, dihiasi laguna yang bertebaran dan pasir putih yang berkilau di kawasan ini. Bagi Anda para divers, Anda dapat menemukan beragam titik menyelam dengan berbagai biota laut. Juga jangan lupakan barisan pohon kelapa dengan panjang 8 kilometer juga sejumlah pulau yang menjadi habitat para penyu, dan garis pantai sejauh 2 kilometer.

Dengan dominasi kepulauan, maka keistimewahan kuliner di kawasan Anambas adalah olahan dari hasil laut. Beragam ikan-ikan segar siap disaji dengan bumbu khas Kepulauan Anambas. Anda bisa menikmati kuliner di pinggir pelabuhan, sepanjang jalan utama Hang Tuah yang membelah Kota Tarempa, atau bahkan di pasar.

Under Water Anambas Flickr Travelling Runes1

Bagaimana mencapai tempat ini? Ada 2 cara yaitu lewat laut dan udara. Jika Anda memilih lewat laut maka Anda dapat memilih Kapal Pelni atau Kapal Perintis yang melayani rute ke Kepulauan Anambas dengan waktu tempuh 18-20 jam perjalanan. Namun jadwalnya keberangkatan kapal harus Anda perhatikan benar. Jika Anda memilih jalur udara tentu saja akan memakan waktu lebih singkat. Anda dapat berangkat melalui Tanjung Pinang maupun Batam menuju Bandara Natuna. Dari Bandara Natuna, Anda dapat menuju ke Matak menggunakan kendaraan darat yang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan perahu menuju ke Tarempa di Kepulauan Anambas.

Meskipun letak Kepulauan Anambas berada di tengah lautan secara terpisah (Laut Cina Selatan), namun secara geologi kepulauan Anambas berada persis di tengah-tengah lempeng benua Austro-Asia yang relatif jauh dengan pertemuan lempeng benua (Ring of Fire). Dengan kata lain, kawasan Anambas relatif aman dari resiko gempa vulkanik ataupun resiko tsunami yang diakibatkan oleh gempa tectonik.

Jadi, apakah Anda tidak tertarik untuk berlibur di Anambas?

Melisa Ngangi/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana
Image: flickr user by travellingrunes, youtube