Belajar Berkomitmen dari Chevron

(Business Lounge – Empower People) Pada dasarnya organisasi terbentuk atas dasar kesamaan tujuan dari beberapa orang yang memiliki komitmen untuk bekerja sama untuk mencapai tujuannya bersama. Demikian juga sebuah perusahaan yang menurut Stoner memiliki suatu pola hubungan antara individu di bawah pengarahan manajer (pimpinan) untuk mengejar tujuan bersama. Demikianlah sebuah organisasi dimulai dengan suatu komitmen bersama dan kepercayaan. Seorang CEO sebagai pemimpin perusahaan adalah orang yang paling bertanggung jawab atas berjalannya sebuah perusahaan. Karyawan sebagai anggota dari organisasi tersebut haruslah mendukung jalannya organisasi agar sesuai dengan tujuan yang sudah direncanakan. Adapun untuk mencapai tujuan bersama tentu saja diperlukan sistem manajemen.

Komitmen Organisasi

Teori Dessler memberikan pedoman khusus untuk mengimplementasikan sistem manajemen yang mungkin membantu memecahkan masalah dan meningkatkan komitmen organisasi pada diri karyawan :

  1. Berkomitmen pada nilai manusia: membuat aturan tertulis, mempekerjakan manajer yang baik dan tepat, dan mempertahankan komunikasi.
  2. Memperjelas dan mengkomukasikan misi Anda: memperjelas misi dan ideologi; berkharisma; menggunakan praktik perekrutan berdasarkan nilai; menekankan orientasi berdasarkan nilai dan pelatihan; membentuk tradisi,
  3. Menjamin keadilan organisasi: memiliki prosedur penyampaian keluhan yang koprehensif; menyediakan komunikasi dua arah yang ekstensif,
  4. Menciptakan rasa komunitas: membangun homogenitas berdasarkan nilai; keadilan; menekankan kerja sama, saling mendukung, dan kerja tim, berkumpul bersama,
  5. Mendukung perkembangan karyawan: melakukan aktualisasi; memberikan pekerjaan menantang pada tahun pertama; memajukan dan memberdayakan; mempromosikan dari dalam; menyediakan aktivitas perkembangan; menyediakan keamanan kepada karyawan tanpa jaminan

Belajar dari Komitmen Chevron

Sesuai dengan teori di atas maka dapat disimpulkan bahwa dalam organisasi, anggota, atau dalam hal ini tenaga kerja haruslah menjadi pihak yang merasa aman dan dilindungi oleh perusahaan, sehingga adalah perlu adanya jaminan atau tanggung jawab dari perusahaan untuk keselamatan tenaga kerja.

Beberapa perusahaan besar akan sangat memperhatikan hal ini. Sebagai contoh, Chevron yang selalu mengutamakan keselamatan tenaga kerja serta menjaminnya. Chevron berusaha sebaik mungkin untuk memperlakukan tenaga kerja sebagaimana mestinya sehingga mereka merasa aman dan nyaman tetap di lingkungan Chevron.  Ada beberapa program menarik dari Chevron untuk tenaga kerja yang mungkin tidak dimiliki perusahaan lainnya. Bukan masalah jumlah nilainya secara material tetapi sebuah pernyataan tanggung jawab perusahaan kepada karyawannya.

Menyediakan layanan konseling
Asas kekeluargaan diterapkan pada program ini. Konseling yang diberikan ini berbentuk rahasia, agar karyawan merasa diri aman. Pada layanan ini, karyawan bersama keluarga bisa berkonsultasi masalah yang dihadapi sambil bersama-sama mendapatkan jalan keluar atas masalah.

Jaminan kesehatan
Sama halnya dengan perusahaan-perusahaan lain, jaminan terutama yang dicari dan diperlukan oleh tenaga kerja adalah jaminan kesehatan dan kesejahteraan. Chevron menjamin kesehatan tenaga kerja dengan asuransi.

Mensosialisasikan Budaya teamwork
Kerja tim dapat membiasakan karyawan untuk bersosialisasi dan bekerja sama dengan baik. Hal ini dimaksudkan agar nantinya diluar Chevron sendiri, dapat dibangun suatu rasa kekeluargaan bersama dengan semua elemen perusahaan.

Beasiswa untuk putra-putri
Khusus untuk putra-putri karyawan, Chevron memberikan beasiswa pendidikan dengan maksud dan tujuan turut mencerdaskan anak bangsa sekaligus membantu program memberantas kebodohan dan menjadi suatu pengharapan tersendiri bagi anak karyawannya. Beasiswa ini berupa beasiswa untuk melanjutkan setelah sekolah tinggi.

Program khusus ibu menyusui
Bagi karyawan Chevron yang sedang berada pada tahap menyusui anaknya, Chevron membiayai dan meyediakan pompa ASI untuk Ibu-ibu menyusui guna untuk membantu pertumbuhan bayi yang ditinggalkan ibunya karena bekerja.

Dana Adopsi
bagi karyawan Chevron yang tidak memiliki anak dan berniat mengadopsi anak, Chevron memberikan biaya hingga $ 5,000 atau setara dengan 65 juta rupiah.

Sangat menarik dan menunjukkan perhatian yang dalam kepada karyawan-karyawannya.

Novita Regina/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana