Chevron – Human Energy

Chevron Long 1

(Business Lounge – Company Profile) Chevron merupakan salah satu perusahaan energi terkemuka di dunia. Kesuksesan Chevron tentu saja didorong oleh tekad dan komitmen yang kuat untuk mendapatkan hasil dengan prosedur yang benar secara bersama-sama, bertanggung jawab, dan bekerja dengan giat. Chevron menerapkan teknologi inovatif dan tanggap serta merespon peluang-peluang baru demi pertumbuhan yang menguntungkan. Chevron mengeksplorasi, memproduksi dan mengangkut minyak mentah dan gas alam. Namun tidak hanya sampai di situ, Chevron juga mendistribusikan bahan bakar transportasi dan pelumas, memproduksi dan menjual produk petrokimia, menghasilkan tenaga dan energi panas bumi, dan mengembangkan sumber energi masa depan.

Dimulai di Utara Los Angeles

Chevron 1Awal mula perusahaan ini menemukan minyak tahun 1876 di Pico Canyon yang berlokasi di sebelah utara Los Angeles yang berdampak pada dibentuknya Pantai Pasifik Oil Co. Selang beberapa lama, perusahaan ini berganti nama menjadi Standard Oil Co (berasal dari California) dan, kemudian, yang terakhir pada tahun 1984 menjadi Chevron. Nama Chevron diambil ketika mengakuisisi Gulf Oil Corporation pada tahun yang sama.

Pada tahun 2005, Chevron mengakuisisi Unocal Corporation sehingga memperkuat posisi Chevron sebagai pemimpin industri energi, meningkatkan aset minyak mentah, dan gas alam di seluruh dunia.

Pada tahun 2014, produksi bersih rata-rata Chevron adalah 2.571.000 barel minyak per hari. Sekitar 74 persen dari produksinya terjadi di luar Amerika Serikat. Pada akhir 2014, kapasitas penyulingan global Chevron secara global mencapai 1,9 juta barel minyak per hari.

The Chevron Way – Getting Results the Right Way

Chevron 2Sebagaimana perusahaan-perusahaan besar lainnya, Chevron memiliki nilai-nilai yang ditanamkannya pada lingkungan kerja dan seluruh SDM yang dimilikinya. Chevron menyebutnya dengan The Chevron Way yang menjelaskan siapa Chevron, apa yang Chevron lakukan, apa yang Chevron percaya dan apa yang Chevron  akan capai. The Chevron Way diberikan pemahaman umum tidak hanya untuk orang-orang yang bekerja pada perusahaan ini, tetapi untuk semua orang yang berinteraksi dengan Chevron.

Hal yang utama tepat berada di jantung The Chevron Way adalah visi yaitu untuk menjadi perusahaan energi global yang paling dikagumi baik semua SDM-nya, kemitraannya, dan kinerjanya. Dengan demikian Chevron berupaya untuk menyediakan produk energi yang vital bagi kemajuan ekonomi yang berkelanjutan dan pembangunan manusia di seluruh dunia, mendapatkan kekaguman dari semua pemangku kepentingan baik investor, pelanggan, pemerintah sebagai tuan rumah, masyarakat setempat, dan karyawan. Selain itu Chevron juga berkomitmen untuk memberikan kinerja kelas dunia.

Chevron di Indonesia

Chevron 3Standard Oil Company of California (Socal) yang kini menjadi Chevron mulai melakukan eksplorasi di Indonesia untuk pertamakalinya pada tahun 1924. Ini merupakan sebuah langkah besar pertama dengan mengirimkan ekspedisi geologi ke Pulau Sumatera. Eksplorasi ini berlanjut kembali setelah Perang Dunia II oleh karena Chevron mendengar beritabaik dari dalam hutan-hutan di Pulau Sumatera. Sehingga Chevron kembali berkonsentrasi untuk mendapatkan peluang baru dan giat melakukan pencarian sumber daya baru minyak dan gas.

Di Indonesia sendiri, Chevron sudah ada lebih dari 90 tahun dan merupakan produsen minyak mentah terbesar di Indonesia dengan total rata-rata produksi mencapai 349,200 barel fluida per hari (data tahun 2013). Sedangkan total rata-rata produksi gas alam per hari mencapai 111,4 juta kaki kubik. Perusahaan ini menyumbangkan sekitar 40 persen produksi minyak nasional. Bahkan, mempekerjakan 6,500 karyawan handal dan lebih dari 30,000 karyawan mitra di negara kita. Chevron memasarkan minyak dan bahan bakar mentah serta minyak bumi olahan kepada Pertamina milik Pemerintah Indonesia. Chevron mengelola dua lapangan panas bumi di Jawa Barat dan sebuah pembangkit listrik cogeneration dan wilayah prospek geothermal di Sumatera.

Chevron 4

Chevron dan CSR

Sebagai perusahaan terkemuka, Chevron sangat bangga dalam memberikan kontribusi bagi semua orang di sekitarnya serta lingkungannya. Sebagai bentuk rasa tanggung jawab, CSR (Corporate Social Responsible), perusahaan ini bermitra dengan pemerintah, masyarakat, dan organisasi setempat dalam penyediaan bantuan. Di antaranya, untuk bencana alam, rehabilitasi, pendidikan dan pelatihan kerja, pengembangan usaha kecil, pelayanan kesehatan gratis dan yang terpenting adalah konservasi lingkungan. Chevron sadar benar bahwa lingkungan adalah sumber daya berkelanjutan yang harus dirawat untuk kehidupan masa yang akan datang.

Ruth Berliana/Novita Regina/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana
Image: Chevron