(Business Lounge – Technology) Di saat beberapa negara masih berjuang keras untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakatnya dalam hal pendidikan, hal yang berbeda terjadi di New York, Amerika Serikat. Dilansir dari Ubergizmo (22/6), sekolah distrik di New York sudah menggunakan iPad sebagai bagian dari perlengkapan sekolah, bahkan beberapa sekolah sudah menggunakannya sejak lima tahun lalu.

Sekolah-sekolah di New York terus memperlengkapi siswa-siswinya dengan iPad yang digunakan sebagai bagian dari kurikulum mereka, bahkan saat ini sekolah distrik telah berhasil mengkonversi 75% dari kurikulum mereka untuk bisa digunakan di iPad.

Masuknya perangkat iPad di sekolah-sekolah bukan berarti menghilangkan peran dari pensil, kertas dan buku. Semua alat-alat tulis diatas tetap digunakan, khususnya untuk menulis tugas dan laporan dalam bentuk fisik.

Perubahan besar telah terjadi pada pendidikan modern. Dengan digunakannya berbagai aplikasi di iPad, terbukti dapat memecahkan berbagai kasus menjadi lebih efektif. Misalnya di salah satu pelajaran matematika, siswa dapat menggunakan sebuah aplikasi yang disebut Edmodo untuk menyelesaikan pertanyaan dan berinteraksi dengan guru untuk memeriksa jawaban mereka, bukankah hal ini jauh lebih efisien ketimbang harus menyerahkan lembar kertas jawaban.

Bagaimana dengan kurikulum di Indonesia? kita berharap akan mencapai perubahan yang lebih baik, khususnya dalam peningkatan fasilitas pendidikan baik di kota maupun di desa-desa.

W.Lubis/VMN/BL/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Lidia Wulan
Image: Flickr user deemac

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.