(Business Lounge – Lead and Follow) – Krisis mengakibatkan terjadinya perubahan, termasuk dalam organisasi bisnis. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi yang tepat dalam memimpin organisasi bisnis supaya dapat menaklukkan tantangan di masa krisis ini. Berikut ini adalah 4 tips strategi yang jitu dalam memimpin di masa krisis:

Perkuat Kepemimpinan
Kepemimpinan yang kuat merupakan kunci utama apakah bisnis Anda dapat menghadapi badai kuat di tengah krisis. Sebuah kepemimpinan yang kuat diperlukan karena orang-orang dalam organisasi membutuhkan sosok yang dapat mereka percayai bahwa mereka akan dapat melewati krisis ini secara bersama-sama.

Oleh karena itu, bisnis harus memperkuat kepemimpinan dengan orang yang berkompetensi dan mampu menaklukkan tantangan dalam krisis. Pemimpin juga harus mampu dalam menyuntikkan keyakinan dalam diri tiap orang bahwa krisis dapat terlewati, tentunya melalui kebijakan, strategi dan komunikasi yang tepat.

Fokus Pada Karyawan
PHK mungkin memang tidak dapat dihindari, namun perusahaan perlu untuk tetap fokus pada karyawan, terutama mereka dengan kinerja di atas rata-rata. Kondisi perekonomian yang tidak stabil berpotensi untuk mengganggu kinerja karyawan dan mempengaruhi produktivitas mereka. Oleh karena itu, untuk mempertahankan level engagement dari karyawan, lakukan berbagai usaha mulai dari pemberian penghargaan atau reward, hingga interaksi yang aktif dengan karyawan.

Pertahankan Kualitas Produk dan Pelayanan
Di tengah krisis seperti ini, bisnis seringkali melakukan pemangkasan biaya salah satunya dengan cara mengurangi kualitas produk maupun pelayanan terhadap pelanggan. Padahal, ini adalah salah satu hal yang beresiko dan justru bisa mengakibatkan kehilangan pelanggan. Meskipun bisnis Anda sedang dalam kondisi tertekan, tetap pertahankan kualitas produk maupun pelayanan Anda, karena itu adalah kunci yang menjadi keunggulan value proposition Anda di mata pelanggan.

Meningkatkan kualitas pelayanan salah satunya dapat Anda capai dengan cara mendorong interaksi yang lebih baik dengan pelanggan. Melalui interaksi ini, maka Anda juga dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Teamwork
Di tengah kondisi sulit, maka teamwork semakin dibutuhkan. Lakukan pertemuan dengan tim secara lebih sering untuk membahas kondisi dan kemajuan yang terjadi di perusahaan, terutama karena situasi berubah dengan sangat cepat. Libatkan anggota tim untuk melakukan problem solving hingga pengambilan keputusan, sehingga mereka mempunyai tingkat ownership yang lebih tinggi dalam eksekusi strategi yang bakal dijalankan.

Demikian adalah 4 tips jitu dalam kepemimpinan di masa krisis. Langkah-langkah tersebut akan semakin menguatkan organisasi Anda dalam menghadapi tantangan yang hadir dalam badai krisis. Melalui langkah yang tepat, maka organisasi Anda bukan hanya bertahan, namun berpeluang untuk menang di tengah krisis.

iin3Endah Caratri/VMN/BL/Managing Partner Property Division

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.