(Business Lounge – Manage Your Business) – Banyak perusahaan yang berusaha untuk mencapai pertumbuhan tanpa perencanaan yang matang. Malah kadang mereka menggunakan strategi lama yang sebelumnya sudah berhasil. Hasilnya, tentu saja apa yang sukses di masa lalu belum tentu kini menjadi efektif.

Dalam melakukan inovasi, Anda bisa melakukannya secara lebih baik, cepat dan juga murah. Beberapa langkah berikut bisa Anda lakukan :

Pick Your Playing Field
Dalam mengembangkan inovasi, tentunya Anda melihat berbagai kemungkinan yang ada. Lalu untuk mempersempit pilihan Anda, maka tuju pasar yang berada di luar, namun tidak terlalu jauh dari core bisnis Anda. Temukan perilaku pelanggan yang memberi sinyal akan perlunya inovasi.

Contohnya adalah Intuit, perusahaan penyedia software yang menyadari bahwa pemilik bisnis kecil menggunakan software keuangan personal karena sederhana, dibandingkan dengan penawaran lain yang terlalu rumit. Kemudian Intuit mengoptimalkan programnya untuk pelanggan ini dengan nama QuickBooks dan mendominasi kategori produk ini dengan cepat.

Identify Success Criteria
Analisa inovasi besar yang sukses dalam sejarah target pasar Anda. Hal ini penting untuk mengidentifikasi elemen umum yang ada pada penawaran yang sukses.

Misalnya produk kesehatan mengidentifikasi bahwa diagnosa di rumah merupakan kunci pertumbuhan. Dengan menganalisa sejarah diagnosa di rumah (pregnancy kits dan alat tensi darah), mereka mengidentifikasi delapan karakteristik yang mendasari inovasi yang sukses. Karakteristik ini antara lain adalah: untuk mendiagnosanya sulit, tidak nyaman ataupun mahal; pesaing sulit menduplikasi produk; dan perusahaan dapat mengkomunikasikan manfaat inovasi ini secara efektif kepada target pelanggan.

Develop Your Own Innovation Game Plan
Anda telah memiliki criteria sukses yang sudah diidentifikasi sebelumna. Sekarang, ukur dengan kesempatan inovasi yang Anda hadapi. Lakukan brainstorming ide-ide untuk memastikan bahwa kesempatan inovasi yang ada telah memenuhi kriteria.

P&G misalnya ingin mengembangkan mereknya di Cina. Kriteria suksesnya antara lain adalah biaya rendah namun dengan kinerja yang cukup bagus. Jika biaya rendah namun kualitas rendah maka tentunya tidak akan  memuaskan bagi pelanggan yang banyak menuntut. Oleh karena itu, rencana P&G adalah memulainya di kota-kota kecil di Cina, dimana konsumen akan menerima produk generasi pertama yang terbatas karena tidak ada alternative lain. Setelah menyelesaikan masalah yang timbul dalam memproduksi barang dengan biaya rendah dan kualitas tinggi, maka P&G kemudian akan membawanya ke kota besar.

Execute and Adapt
Seluruh inovasi dilakukan dengan cara yang tidak dapat diprediksikan. Untuk meningkatkan kemungkinan sukses, maka ikuti prinsip “Invest a little, learn a lot.”

Misalnya Teradyne, melihat adanya kesempatan untuk menciptakan mesin yang lebih kecil, murah dan mudah digunakan. CEO meminta supaya tim inovasi menghasilkan profitabilitas lebih cepat sebelum ia berinvestasi secara signifikan pada proyek tersebut. Syarat ini memaksa tim untuk menggarap pasar yang dengan cepat.

iin3Endah Caratri/VMN/BL/Managing Partner Property Division

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.