Dongkrak Penjualan iPad, Apple Tawarkan Fitur Baru

(Business Lounge – Business Insight) Apple akhirnya telah menemukan cara untuk meningkatkan penjualan iPad yang mengalami kemerosotan dari tahun ke tahun. Dilansir dari Bussinessinsider (8/6) cara yang dilakukan Apple adalah dengan memberikan fitur baru yang akhirnya memungkinkan perangkat ini untuk melakukan multitasking.

Jadi jika pengguna ingin menggunakan dua aplikasi yang berbeda pada saat bersamaan, seperti mengambil catatan sambil melihat foto, atau menonton video saat menanggapi pesan teks, pengguna tidak perlu beralih di antara aplikasi.

Split View, demikian nama fitur pada iPad yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan dua aplikasi pada saat yang bersamaan. Fitur ini merupakan salah satu fitur terbaik yang diluncurkan Apple pada tahun ini, namun sayangnya tidak semua perangkat iPad dapat mencicipinya karena fitur ini hanya akan bekerja pada iPad terbaru, iPad 2 Air yang dijual dengan harga mulai dari $ 499 atau setara dengan 6,6 juta rupiah.

ipad sales

Strategi penjualan iPad memang berbeda dengan iPhone. Apple telah berjuang keras untuk meningkatkan penjualan iPad yang relatif lamban, meskipun perusahaan masih menjual jutaan perangkat di setiap kuartal, namun penjualan terus menurun.

Berdasarkan data dari BussinessInsider, Penjualan iPad turun 23% pada kuartal pertama tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Hal ini terjadi karena kebutuhan akan perangkat iPad tidak sama dengan iPhone atau yang lainnya. Pengguna yang telah memiliki iPad biasanya cukup sekali untuk membeli perangkat ini dan tidak perlu meng-upgrade lagi. Hal ini tentu berbeda dengan iPhone yang selalu menawarkan sesuatu yang berbeda di setiap generasinya.

Mampukah fitur Split View mendongkrak penjualan iPad? nantikan saja.

W.Lubis/VMN/BL/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Lidia Wulan