Dampak Laporan Keuangan Pada Reaksi Pasar

(Business Lounge – Manage Your Finance) –  Laporan keuangan merupakan salah satu sumber informasi yang umumnya dipakai para investor sebagai dasar pengambilan keputusan dalam berinvestasi, adanya informasi yang dipublikasikan akan merubah keyakinan investor yang terlihat dari reaksi pasar. Laporan keuangan dikatakan mempunyai kandungan informasi apabila dengan dipublikasikannya laporan keuangan akan menyebabkan para investor bereaksi untuk melakukan penjualan atau pembelian saham, selanjutnya reaksi tersebut akan tercermin dalam perubahan harga saham di seputar tanggal publikasi laporan keuangan.

Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi reaksi pasar baik itu eksternal maupun internal. Secara eksternal faktor itu antara lain situasi politik, kondisi perekonomian global, kebijakan pemerintah, dan lain sebagainya. Faktor intern salah satunya adalah laporan keuangan yang nantinya akan dipublikasikan oleh perusahaan go public.

Pihak investor pun harus melakukan analisis terhadap laporan keuangan untuk memahami informasi yang terkandung dalam laporan keuangan tersebut setelah itu keputusan pun diambil yang berdampak pada reaksi pasar. Informasi laporan keuangan tersebut membantu investor untuk menentukan apakah harus membeli, menahan atau menjual investasi tersebut. Bahkan pemegang saham juga tertarik pada informasi yang memungkinkan mereka untuk menilai kemampuan perusahaan membayar deviden.

Analisis yang digunakan biasanya ada dua analisis , yaitu :
– Analisis fundamental yaitu analisis yang memperlajari hal-hal yang berhubungan dengan keuangan suatu bisnis untuk lebih memahami sifat dasar dan karakteristik operasional dari peusahaan yang menerbitkan saham tersebut. Disini investor akan menilai kinerja perusahaan, jika prospek suatu perusahaan adalah sangat kuat dan baik, maka harga saham tersebut akan meningkat, begitu juga sebaliknya. Faktor-faktor fundamental yang biasa dianalisa adalah nilai intrinsik, nilai pasar, Return on Total Assets (ROA), Return on Investment (ROI), Return on Equity (ROE), Book Value, Debt Equity Ratio (DER), Deviden Earning, Price Earning Ratio (PER), Deviden Payout Ratio (DPR), Deviden Yield dan likuiditas saham.
– Analisis teknik yaitu analisis yang dilakukan untuk mempelajari berbagai kekuatan yang berpengaruh di pasar modal dan dampak yang ditimbulkan pada harga saham. Para analis teknik mengunakan data-data historis perdagangan untuk mempelajari perubahan harga saham, salah satu caranya dengan mengunakan charting (gambar atau grafik).

Laporan keuangan mempunyai kandungan informasi yang dapat mengurangi ketidakpastian atau mengubah harapan para investor ketika mereka hendak berinvestasi. Publikasi laporan keuangan membuat investor melihatnya sebagai good news atau bad news. Kalau good news biasanya menunjukkan kinerja perusahaan yang semakin meningkat dari tahun sebelumnya dan sebaliknya dengan bad news menunjukkan kinerja perusahaan yang menurun dari tahun sebelumnya. Hal itu biasa dilihat dari laba perusahaan atau rasio profitabilitas dan rasio-rasio keuangan yang disebutkan tadi dalam analisis fundamental. Dengan demikian diharapkan para investor dapat mengambil keputusan yang tepat dalam berinvestasi.

iin3Endah Caratri/VMN/BL/Managing Partner Property Division