Apa yang Pelanggan Inginkan Dari Anda?

(Business Lounge – Dominate the Market) Sebuah pepatah populer mengatakan pelanggan adalah raja, hal ini mengambarkan pentingnya peran pelanggan dalam bisnis Anda. Tanpa pelanggan, Anda tidak akan dapat sukses, karena itu perusahaan yang ingin sukses, harus tahu bagaimana memuaskan pelanggannya.

Berbicara mengenai memuaskan pelanggan, Anda harus berpikir apa yang pelanggan paling inginkan dari Anda? Mungkin yang terlintas pertama dalam pikiran kita adalah harga yang murah, produk yang berkualitas, atau penawaran-penawaran menarik seperti diskon dan lainnya. Tapi selain keuntungan-keuntungan tersebut, apa lagi yang diinginkan pelanggan Anda? Berikut beberapa hal yang dapat Anda perhatikan untuk mendeteksi keinginan pelanggan.

1. Pelanggan ingin diberikan solusi

Produk atau jasa yang Anda tawarkan haruslah merupakan hal yang menjawab dan memenuhi kebutuhan mereka. Dengan menyediakan solusi yang pelanggan perlukan, Anda tidak akan pernah ditinggalkan.

2. Pelanggan ingin dilibatkan

Jangan hanya memperlakukan pelanggan Anda sebagai konsumen yang membeli dan menggunakan produk Anda sebab pelanggan mengharapkan sesuatu yang lebih dari itu. Melibatkan pelanggan di dalam bisnis Anda akan membuat pelanggan Anda merasa dihargai, menjadikan mereka sebagai bagian dalam keberhasilan perusahaan Anda. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan menyertakan pelanggan Anda dalam survei yang Anda adakan, dengan meminta pendapat dan masukan mereka yang dapat Anda pakai untuk mengembangkan produk Anda.  Membentuk komunitas bagi pelanggan Anda bisa juga menjadi cara untuk melibatkan pelanggan Anda.

3. Pelanggan ingin didengarkan dan dipahami

Apa yang diinginkan pelanggan dari Anda adalah bahwa Anda memahami apa yang mereka butuhkan dan inginkan, karena itu Anda harus mau mendengarkan mereka dengan segenap hati. Bagaimanapun pelanggan akan merasakan apakah Anda sungguh-sungguh ingin mendengarkan mereka, atau hanya menunggu mereka selesai bicara, untuk segera berpromosi pada mereka mengenai produk Anda. Lupakanlah dahulu tujuan Anda, dan dengarkanlah pelanggan Anda dengan segenap hati.

4. Pelanggan ingin dihargai

Setiap manusia ingin dihargai dan dianggap penting, demikian juga dengan pelanggan Anda. Jika Anda berhasil membuat mereka merasa bernilai bagi Anda maka berarti Anda telah menciptakan sebuah ikatan yang akan membuat pelanggan Anda tidak beralih pada kompetitor lainnya. Acap kali mereka membeli bukan berdasarkan logika, tetapi berdasarkan emosi mereka.

5. Pelanggan ingin dilindungi

Pelanggan mengharapkan Anda memberikan pelindungan kepada mereka, khususnya dalam produk atau jasa yang Anda tawarkan. Pelanggan rumah sakit berharap rumah sakit yang bersih, pelanggan hotel berharap hotel yang nyaman dan aman, pelanggan bank berharap transaksi yang aman, demikian juga pelanggan pasti berharap produk yang mereka beli aman untuk mereka konsumsi, karena itu memberikan garansi dan jaminan bagi mereka adalah hal yang penting. Ketika Anda menawarkan barang atau jasa kepada calon pelanggan Anda, pertimbangkanlah untuk memberikan perlindungan atas mereka.

Rebecca HayatiRebecca Hayati/VMN/BL/Managing Partner E-Commerce