Android Robot

Mengenal Fitur-Fitur Android M

(Business Lounge – Tech& Gadget) Dalam acara tahunan Google I/O 2015 yang telah diselenggarakan pada akhir bulan lalu di Amerika serikat, telah diluncurkan sistem operasi terbaru Android yaitu Android M. Sistem operasi terbaru ini akan mengantikan Lollipop yang telah diluncurkan pada tahun lalu. Google sendiri berencana untuk melakukan pembaruan Operating Sistemnya setiap tahun, artinya Android M ini rencananya hanya akan bertahan selama satu tahun saja, dan kemudian Google akan meluncurkan Android N pada tahun 2016, Android O pada tahun 2017 dan seterusnya. Android adalah operating sistem buatan Google. Selain Google, beberapa perusahaan teknologi juga memiliki sistem operasi sendiri, yaitu ada sistem operasi iOS dari Apple, ada Tizen dari Samsung dan Windows mobile dari Microsoft.

Dikabarkan Google melakukan banyak perubahan dalam sistem operasi terbarunya ini, perubahan ini meliputi enam fitur kunci sebagai berikut:

Fitur izin Aplikasi

Akan ada pegaturan izin aplikasi yang lebih sederhana yang memungkinkan pengguna untuk memberikan akses kepada aplikasi tertentu untuk mengakses fitur tertentu pada smartphone-nya, contohnya aplikasi Skype meminta izin untuk mengakses fitur mikrofon.

Fitur Google Now on Tap

Google juga memperbaiki pengalaman browsing penggunanya dengan melakukan perbaikan pada  fitur Google Now on Tap, fitur pencarian dengan menggunakan suara milik Google.

Fitur Chrome Custom Tab

Selain itu Google juga hendak meningkatkan pengalaman webnya dengan menyediakan fitur  Chrome Custom Tabs. Fitur ini adalah integrasi antara aplikasi dengan Chrome, yang memungkinkan developer untuk  mengaitkan link tertentu pada aplikasinya.

Fitur Fingerprint (Sidik Jari)

Google juga  sudah men-develop sebuah API standar untuk dukungan fitur pemindai sidik jari dalam Android M. Dengan adanya API standar ini tentunya akan memudahkan para pengembang dalam menciptakan aplikasi yang berhubungan dengan fingerprint. Fitur ini juga mendukung sistem pembayaran mobile Android Pay, dan juga mendukung aplikasi untuk mengunci telepon anda dengan sidik jari.

Fitur sistem pembayaran mobile Android Pay

Google juga menyediakan Android Pay, sistem pembayaran mobile milik Google yang baru saja diluncurkan tahun ini. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat melakukan pembelian di toko retailer dengan menggunakan telepon Anda. Tentunya sistem pembayaran ini lebih aman dibandingkan kartu kredit  karena sistem ini mengeluarkan nomor kartu virtual untuk setiap transaksi. Google mengatakan sudah ada lebih dari 700 ribu lokasi yang mendukung penggunaan Android Pay.

Fitur Penghemat Baterai Doze

Android M juga dilengkapi dengan baterai yang lebih hemat. Dengan menggunakan fitur baru yang diberi nama Doze, Android M dapat mengatur daya baterai dengan lebih baik. Doze berfungsi untuk  memperkecil konsumsi daya baterai pada saat ponsel dalam kondisi standby. Cara kerja fitur ini adalah dengan memanfaatkan sensor pendeteksi gerakan untuk mendeteksi jika ponsel sedang tak digunakan dalam waktu yang lama. Dalam kondisi itu, Doze akan mematikan proses-proses dari aplikasi yang menyedot banyak daya baterai, akan tetapi beberapa fitur penting seperti aplikasi pengiriman pesan dan alarm tetap aktif. Dengan adanya teknologi baterai terbaru ini, ponsel Nexus 9 (yang menggunakan Android M) akan memiliki durasi baterai dua kali lipat dari sebelumnya. Masih dalam hal teknologi baterai, OS Android M juga memberikan pilihan bagi pengguna untuk mengecas ponselnya denggan USB tipe C, artinya pengguna bisa men-charge ponsel mereka dengan menggunakan tablet.

Selain keenam fitur di atas, Google juga melakukan beberapa perbaikan lainnya, di antaranya dalam fitur control volume suaranya yang menggunakan sistem granular, Google juga melakukan perbaikan dalam fitur Teksnya seperti fitur copy, paste, dan cut pada teks.

Rebecca Hayati/VMN/BL/Managing Partner E-Commerce
Editor: Ruth Berliana
Image: wikipedia