Maladewa, A Place To Remember

(Business Lounge – Travel) Akhir-akhir ini Maladewa ramai dipromosikan di internet, khususnya oleh web-web wisata. Namanya memang berbau Indonesia sehingga terkesan seperti sebuah pulau di Indonesia. Padahal Maladewa atau dikenal juga dengan Maldives adalah sebuah negara dengan banyak atol di Samudra Hindia, yang berada di bawah India tepatnya di selatan-barat daya India, sekitar 700 km di sebelah barat daya Srilanka.

Maladewa 6 Maladewa 7

Menuju Maladewa

Perjalanan ke Maldives tidak sesulit yang dibayangkan. Untuk dapat kesana Anda dapat mencari pesawat yang langsung menuju Male, ibukota Maldives. Kami memilih transit di Srilanka lebih dulu sebelum ke Male dengan menggunakan Srilankan Airlines. Waktu tempuh yang diperlukan untuk menuju Male dari Jakarta adalah 4 jam, diluar dari waktu yang diperlukan untuk transit. Setelah itu Anda hanya tinggal memilih mau ke atol yang mana dan menginap di hotel apa. Di setiap pulau biasanya secara eksklusif dikelola oleh satu hotel.

Jarak tempuh menuju sangat beragam, mulai dari yang hanya 10-15 menit dari airport  Ibrahim Nasir Male hingga berjarak 2-3 jam dari Male. Ada pula yang dapat ditempuh dengan menggunakan Trans Maldivian Airways, sebuah pesawat terbang air berkapasitas 10-14 penumpang yang mampu mendarat di air.

Kami memilih pulau Kanduma yang berjarak 45 menit dengan speed boad berkekuatan 700 PK. Tidak jauh bukan? Adalah lebih jauh pergi ke Raja Ampat  melalui Sorong, sebab jarak  Jakarta-Sorong adalah 5 jam dan dilanjutkan kapal menuju Waisai Raja Ampat selama 2 jam.

Maladewa 2 Maladewa 3

Atol yang Cantik

Maladewa memang istimewa, negara ini betul-betul hanya memiliki sedikit daratan yang tersebar dalam banyak atol yang mengelilinginya. Atol adalah pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna, berbentuk seperti cincin yang biasanya banyak terdapat di Samudra Hindia ataupun Samudra Pasifik, memiliki struktur pulau berpasir dengan beragam tingkat kedalaman laut, mulai dari yang dangkal, dalam, hingga ke jurang laut dan laut dalam. Dapat sangat bervariasi serta menimbulkan gradasi warna laut yang indah. Ini disebabkan karena adanya laguna dalam atol. Laguna adalah sekumpulan air laut yang terhalang oleh tumpukan pasir atau karang, sehingga menimbulkan tingkat kedalaman yang bervariasi.  Keindahan laguna inilah yang membuat Maladewa menjadi sangat terkenal, yaitu keindahan pulau dan lautnya yang eksotis.

Sebagai orang Indonesia yang sudah berkeliling dari pulau ke pulau mencari laut yang indah dengan flora fauna laut yang mempesona, rasa penasaran memenuhi hati saya, seindah apakah Maldives? Pertanyaan ini saya simpan dalam hati, menunggu waktunya tiba hingga akhirnya mendarat di pulau impian.  Memang pada dasarnya saya adalah penyuka laut, beberapa detik sebelum mendarat rasanya senang sekali memandang laut dari atas pesawat dengan warna-warni laut yang bergradasi. Tidak seperti kebanyakan bandara yang sering saya kunjungi, maka bau laut langsung tercium setelah mendarat di bandara.  Bandara rupanya hanya terletak 2 meter di atas permukaan laut.

Maladewa 5

Maladewa 4

Kanduma Island

Tiba di pulau Kanduma, ternyata benar-benar tidak mengecewakan, pulau yang berpasir putih bersih, laut yang biru teduh bergradasi cantik, semua nampak terawat dengan rapih dan tertata baik.

Setelah Anda berada di pulau, banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan. Mulai dari berenang di laut maupun di kolam renang, snorkeling, diving, surfing, parasailing, banana boat, bermain kano ataupun melepas lelah di spa dan berolahraga pagi di gym station, semua dapat Anda lakukan.  Laut berada tepat di depan kamar Anda sehingga dapat Anda sentuh kapanpun Anda mau.  Atau menikmati ikan bakar yang tersedia di hotel merupakan salah satu pilihan. Di sini, tuna menjadi ikan andalan.

Saya tidak melewatkan pula jam-jam dapat berbaring di pasir dengan sambutan matahari pagi serta nyanyian ombak yang bagaikan musik yang menenangkan jiwa. Melihat horizon yang merupakan garis batas laut dan langit yang biru juga adalah kesukaan tersendiri, terlebih bila dibarengi dengan sunset atau sunrise, benar-benar pemandangan yang memanjakan mata. Ikan-ikan dapat Anda nikmati di tepi pantai tanpa berenang ke tengah laut. Aneka ikan berwarna-warni dapat Anda jumpai. Walaupun untuk ikan dan karang, Indonesia tidak ada duanya.  Sejenak teringat akan tanah air yang cantik, sekiranya dikelola seperti di Maladewa, pastilah melipatgandakan jumlah wisatawan mancanegara.

Maldives, pulau cantik yang tidak akan terlupakan, nampaknya menanti saya untuk kembali.

Vera Herlina/VMN/BL/Managing Partner Leadership, Entrepreneurship and Strategic Management Vibiz Consulting
Editor: Ruth Berliana
Image: Vera HG