(Business Lounge – Business Insight) – Unisplendour Corp Ltd (UNIS), di bawah Tsinghua University, telah membeli 51 persen saham di unit komputasi H3C Hewlett Packard (HP) yang berbasis di Tiongkok dengan nilai sekitar 2,5 miliar dolar AS, dua perusahaan tersebut mengumumkannya pada hari Jumat lalu.

Para ahli optimis bahwa langkah tersebut akan memiliki dampak positif pada pasar teknologi informasi dan akan menumbuhkan rute lokalisasi baru untuk perusahaan asing, demikian dikatakan para ahli.

Dengan valuasi diperkirakan sebesar 4,5 miliar dolar AS, H3C menorehkan pendapatan sebesar 3,1 miliar dolar AS dan memperoleh keuntungan sebesar US $ 400 juta di tahun 2014 dilansir dari Shanghaidaily.

H3C, yang menjual peralatan jaringan seperti server dan penyimpanan, didirikan pada tahun 2013 oleh raksasa telekomunikasi Huawei dan 3Com, produsen elektronik digital. HP membeli 3Com pada tahun 2010.

HP yakin dengan kerjasama dengan Tsinghua. Meg Whitman, chairman dan CEO HP, mengatakan bahwa langkah tersebut akan mendorong inovasi di Tiongkok, dan meningkatkan pertumbuhan bisnis untuk HP.

Xu Jinghong, chief executive dari Tsinghua University Science Park (TusPark), percaya bahwa H3C akan berkembang menjadi pemimpin pasar melalui kerjasama dengan Tsinghua.

HP akan mempertahankan kepemilikan bisnis lainnya di Tiongkok, termasuk layanan bisnis, perangkat lunak dan HP Helion Cloud. Kesepakatan ini diharapkan akan closing pada akhir 2015.

Arum/Journalist/VMN/BL
Editor: Iin Caratri

Image : wikipedia

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.