(Business Lounge – Do You Know?) Pemanasan global dan perubahan iklim adalah istilah untuk kenaikan suhu rata-rata iklim bumi pada skala abad dan dampaknya yang terkait. Pemahaman ilmiah dari pemanasan global pun meningkat. Pada tahun 2014 menurut pelaporan Panel on Climate Change (IPCC) melaporkan bahwa para ilmuwan lebih dari 95% yakin bahwa sebagian besar dari pemanasan global disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca dan kegiatan manusia (antropogenik) lainnya.

Perubahan iklim pada masa depan dan dampak terkait akan berbeda dari satu wilayah ke wilayahlain  di seluruh dunia. Diduga hal ini merupakan efek pemanasan suhu global, kenaikan permukaan laut, perubahan curah hujan, dan perluasan gurun di subtropis. Perubahan lain termasuk kemungkinan lebih sering terjadinya cuaca ekstrim termasuk gelombang panas, kekeringan, hujan deras, dan hujan salju berat; pengasaman laut; dan kepunahan spesies karena pergeseran rezim suhu. Efek yang signifikan untuk manusia termasuk ancaman terhadap keamanan makanan dari menurunnya hasil panen dan hilangnya habitat sebagai akibat dari genangan. Berikut adalah fakta yang dapat kita simak mengenai Global Warming.

1. Pemanasan global dapat mendorong kepunahan sebanyak 1 di 6 spesies hewan dan tumbuhan.

Global Warming 1

2. Bulan August 2014 adalah bulan Agustus dengan suhu terpanas yang pernah tercatat secara global.

Global Warming 2

3. Sapi memancarkan lebih banyak metana dari industri minyak dan merupakan faktor besar dalam pemanasan global.

Global Warming 3

4. Ilmuwan Swedia Svante Arrhenius adalah orang pertama yang menyatakan bahwa pembakaran bahan bakar fosil pada akhirnya dapat mengakibatkan pemanasan global yang semakin meningkat sesudah tahun 1896.

Global Warming 4

5. 37% orang Amerika berpikir pemanasan global adalah hoax.

Global Warming 5

6. Sejak tahun 1870, permukaan air laut secara global telah meningkat sekitar 8 inci (20 cm).

Global Warming 6

7. Ada lebih banyak CO2 (karbon dioksida) di atmosfer saat ini dari pada titik manapun dalam 800.000 tahun terakhir.

Global Warming 7

8. Tahun 2010 adalah tahun terpanas.

Global Warming 8

9. Akan ada peningkatan 50% dalam sambaran petir tahun 2100 jika pemanasan global terus terjadi, demikian menurut laporan ilmiah.

Global Warming 9

10. Pemanasan global telah meningkatkan suhu rata-rata permukaan bumi sekitar 1,5 ° F (0,8 ° C) sejak Revolusi Industri.

Global Warming 10

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Source: factslides.com

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.