Membangun Rumah dari 12.000 Botol Sampanye

(Business Lounge – Hobby) Anda gemar mengkonsumsi sampanye? Tapi apakah membayangkan untuk memanfaatkan botol-botol sampanye yang sudah tidak terpakai? Jika belum, sebaiknya Anda meniru apa yang dilakukan pria ini. Adalah Hamidullah Ilchibaev yang merupakan pria asal Rusia yang sangat menggemari sampanye. Hamidullah yang berusia 52 tahun ini memiliki hobi unik yaitu membuat sesuatu dari botol sampanye kosong hingga akhirnya anaknya mendorongnya untuk membuat rumah dari botol sampanye.

Hamidullah mulai memutuskan membangun rumah dari botol sampanye setelah putra keduanya meninggal di usia 18 tahun. Hal ini dilakukannya untuk mengenang anaknya. Demi mewujudkan itu, Hamidullah mengumpulkan sekitar 12.000 botol sampanye kosong untuk membangun rumah seluas 99 meter persegi dimana hal tersebut ia lakukan selama tiga tahun.

Botol sampanye memiliki banyak jenis seperti bentuk serta kualitas materi. Setelah mengumpulkan berbagai jenis bentuk sampanye, ia memotong bagian atasnya hingga berbentuk sama. Karena banyak memperhatikan botol sampanye saat membuat rumah, ia kini justru menjadi ahli dalam mengenali botol sampanye. Bahkan ia bisa mengetahui diameter botol hingga ke ukuran milimeternya.

Walaupun terbuat dari botol sampanye, ia meyakinkan bahwa rumah ini cukup kuat dan bisa bertahan hingga 100 tahun. Selain itu rupanya dia juga membuat cara agar jika salah satu botol pecah, maka botol bisa diganti dengan cara yang mudah. Hal ini membuat rumah tersebut lebih murah dibandingkan rumah biasa yang terbuat dari semen dan bata.

Tapi Hamidullah mengatakan bahwa dia tak fokus pada uang dan harganya. Karena ia hanya ingin membangun rumah yang diinginkan oleh putranya. Setelah selesai dibangun rumah ini diserahkan Hamidullah pada putra sulungnya sebagai kado ulang tahun.

(Lingga Rizky/VMN/BL-Journalist)
Editor : Ruth Berliana