LG Rilis Lemari Pintar

(Business Lounge – Tech & Gadget) Di era modern ini, kehidupan manusia semakin dimanjakan dengan segala fasilitas yang menjanjikan keefektifan dan kemudahan bagi penggunanya. Hal ini juga termasuk di dalam pengembangan produk perabot-perabot rumah tangga seperti pendingin udara, mesin cuci, kulkas, hingga penanak nasi. Adanya dukungan dari kemajuan teknologi ditambah dengan inovasi, menjadikan hal ini tidak mustahil.

Perusahaan-perusahaan pada industri elektronik berlomba untuk menciptakan produk-produk dengan inovasi-inovasi baru yang semakin menjanjikan kepraktisan. Salah satunya adalah LG. Perusahaan multi nasional asal Korea Selatan ini baru saja memperkenalkan produk barunya berupa sebuah lemari yang dapat otomatis merapikan pakaian tanpa perlu disetrika. Produk yang diberi nama Styler ini sebenarnya sudah diperkenalkan sejak Januari tahun ini dalam pameran Consumer Electronics Show di Las Vegas, Amerika Serikat, namun produk ini baru dipasarkan di Indonesia pada minggu lalu.

Lemari yang bentuknya seperti kulkas ini, di balik pintunya adalah bagian untuk meletakkan celana panjang, pada bagian ini terdapat sejenis penjepit khusus. Sedangkan di bagian utama adalah bagian untuk mengantung pakaian.

Lalu bagaimana cara kerja dari Styler? Styler bekerja dengan mengandalkan teknologi yang dapat mengatur panas/suhu yang akan disesuaikan dengan jenis pakaian yang dimasukkan. Untuk mengoperasikan alat ini dapat dilakukan melalui aplikasi pada smartphone berbasis android. Ketika pengguna hendak mengoperasikannya, maka akan muncul beberapa pilihan di layar yaitu pre-heating, heating, adding steam, dan drying. Felix Chandra selaku Head of Product Marketing Home Appliances LG Indonesia, mengklaim bahwa produknya dapat menyegarkan pakaian dalam waktu 1 jam. Selain merapihkan pakaian, produk ini juga berfungsi untuk menghilangkan bakteri yang ada pada pakaian hingga 90 %.

Penggunaan alat ini disarankan untuk menyimpan pakaian khususnya pakaian dengan bahan wol, mengingat untuk  bahan ini membutuhkan teknik penyimpanan khusus karena sifat bahannya sensitif, sehingga dengan menggunakan alat ini, penggunanya bisa lebih praktis. Sayangnya kapasitas Styler sangat minim, yaitu hanya dapat menyimpan 4 – 5 pakaian dengan digantung pada bagaian utamanya.

Adapun target pasar yang hendak digaet LG melalui produk premiumnya ini adalah kalangan atas yang sangat sibuk, sehingga diharapkan dengan menggunakan lemari ini, maka akan meningkatkan keefisienan dan kepraktisan. Selain ditawarkan pada konsumen pribadi atau rumahan, produk ini juga berguna untuk hotel-hotel dan juga apartemen-apartemen mewah, sebagai bentuk layanan tambahan yang bisa diberikan kepada pelanggannya.

LG mengklaim produknya ini sebagai lemari pintar pertama di dunia dan dijual dengan harga Rp 20 juta untuk tiap unitnya.  Bagaimana dengan anda? Berminat untuk membeli lemari pintar ini?

Rebecca Hayati/VMN/BL/Managing Partner E-Commerce
Editor: Ruth Berliana