PhotoMath, Aplikasi Pintar untuk Menyelesaikan Soal Matematika

(Business Lounge – Tech & Gadget) Smartphone, selain digunakan sebagai alat komunikasi, juga memiliki banyak fungsi lainnya seiring dengan hadirnya aplikasi-aplikasi canggih pada smartphone. Demikian dengan kehadiran aplikasi canggih PhotoMath, akan memperkaya fungsi smartphone anda, kali ini berguna khususnya bagi anda yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika.

Photomath adalah sebuah  aplikasi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan soal-soal matematika yang berkaitan dengan soal pembagian, akar dan pangkat, desimal, pangkat, dan juga aritmatika dasar dan persamaan linear sederhana. Aplikasi  berbasis kamera yang dikembangkan di Kroasia ini sebenarnya sudah dikembangkan sejak tahun 2011, namun baru dikenalkan ke publik secara luas pada akhir tahun 2014. Adapun aplikasi ini dikembangkan oleh MicroBlink, developer yang sama yang sebelumnya mengembangkan aplikasi PhotoPay, sebuah aplikasi pembayaran dengan memotret tagihan menggunakan kamera smartphone.  Aplikasi yang telah dilisensi oleh 14 bank di Eropa ini, dapat melakukan penarikan uang dari rekening untuk membayar tagihan yang telah difoto.

Damil Sabol selaku CEO PhotoMath mengatakan bahwa aplikasi ini diciptakan untuk membuat matematika menjadi lebih mudah dan sederhana dengan mendidik pengguna bagaimana memecahkan masalah soal matematika tersebut. Jadi selain menyediakan jawaban dari soal matematika tersebut,  PhotoMath juga memberikan langkah-langkah penyelesaiannya, sehingga pengguna juga akan belajar, bukan hanya mengetahui hasil akhirnya saja.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat sederhana, pengguna hanya perlu membuka aplikasi ini, kemudian mengarahkan kamera ponselnya ke soal matematika, kemudian kamera akan melakukan scanner dan seketika jawaban soal matematika tersebut akan muncul di layar ponsel anda. Hasil penjabarannya juga tersedia dan bisa anda lihat pada aplikasi ini. PhotoMath juga dilengkapi dengan teknologi pengenalan karakter untuk membaca soal matematika, sehingga dapat meresponsnya dan memberikan jawaban kepada pengguna.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah sistem kerjanya yang bersifat real time, pengguna tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan jawaban soal matematika yang diinginkan. Akan tetapi dibalik kelebihannya, tentunya aplikasi yang masih terus dikembangkan ini memiliki kelemahan, yaitu tingkat keakuratan aplikasi ini yang memang belum 100 % sempurna, hal ini disebabkan karena dalam proses scanner, bisa saja masih ada angka dan simbol yang tidak tertangkap kamera smartphone, sehingga PhotoMath memberikan jawaban yang salah. Pihak MicroBlink sendiri masih terus berusaha untuk  meningkatkan tingkat keakuratan aplikasi ini untuk mampu melakukan scanner soal matematika dari beragam media dan teknik penulisan.

Aplikasi PhotoMath yang semula hanya tersedia bagi para pengguna smartphone berplatform iOS dan Windows Phone, kini juga tersedia bagi para pengguna smartphone Android. Untuk menggunakan aplikasi ini tidak dikenakan biaya, alias gratis. Bagaimana dengan anda, apakah anda tertarik menggunakan aplikasi ini?

Rebecca Hayati/VMN/BL/Managing Partner E-Commerce
Editor: Ruth Berliana