Hindari Jebakan ‘I don’t Like Monday’

(Business Lounge – Empower People) Hari Senin biasanya menjadi hal yang kurang menyenangkan bagi  para pekerja setelah libur Sabtu dan Minggu, apalagi setelah libur panjang atau long week end,  mau tidak mau hari Senin pun harus dihadapi.

Mengawali Senin sudah terbayang dalam pikiran Anda jalanan yang macet, meeting koordinasi awal minggu, pertanggungjawaban target minggu lalu yang belum tercapai. Sekarang Anda harus mengubah image Anda jadikanlah hari Senin sebagai hari kreatif. Diawali bangun pagi hari dengan semangat, berangkat lebih awal untuk menghindari kemacetan sehingga hati Anda tidak kesal tiba di kantor karena jalanan yang macet, waktu yang masih tersisa dapat Anda gunakan untuk sarapan pagi dengan beberapa rekan kerja tanpa harus berbicara soal pekerjaan atau janjian untuk olah raga bersama misalnya renang, fitnes untuk menambah semangat Anda.

Bertekad untuk tidak membiarkan bad mood menguasai Anda, sekalipun terbayang Anda harus menghadapi boss otoriter atau anak buah Anda yang kurang kreatif,  meeting, dan bertemu klien ke sana ke mari, Anda harus putuskan keluar dari rasa bad mood itu. Bangunlah mood Anda dengan baik, tidak menganggap masalah sebagai halangan atau hambatan, mengawali hari dengan tersenyum dan menyapa rekan kerja yang Anda temui atau security yang menjaga kantor Anda dan para cleaning service,  salurkan semangat Anda pada orang-orang yang Anda temui.

Mengawali hari Senin dengan semangat baru, bangkitlah dari tempat duduk Anda dan temui beberapa rekan kerja atau anak buah Anda tanyakan bagaimana akhir pekan mereka dan salurkan semangat baru.  Membuka percakapan kurang lebih 10 menit saja dan benar-benar mendengarkan apa yang rekan Anda katakan dapat membuat Anda memahami orang lain.

Kemudian buatlah To-Do-List untuk membantu Anda mendaftarkan tugas yang harus dikerjakan dan tugas-tugas yang dapat didelegasikan kepada anak buah Anda. Prioritaskan tugas apa yang perlu Anda kerjakan pada hari itu,  mana yang bisa diselesaikan nanti.

Siapkan diri Anda untuk meraih kesuksesan setiap hari karena itu bersiap untuk keluar dari zona nyaman,  tantangan  diri sendiri  rasa malas  bertemu hari  Senin harus dapat diselesaikan, ciptakan momentum untuk berusaha lebih giat.  Jangan biarkan diri Anda terjebak dalam zona nyaman saat pagi hari, begitu Anda bangun jangan biarkan diri Anda masih berada di atas tempat tidur 15 menit setelah Anda bangun karena dipastikan Anda akan semakin enggan untuk bangun. Jangan habiskan waktu saat sarapan pagi sambil menonton TV, hal tersebut dapat menjadi jebakan I don’t like Monday sebab Anda ingin menikmati rasa santai.  Mood Anda pada pagi hari akan berdampak pada  kegiatan Anda dalam satu hari. Jika Anda telah memulai  Senin pagi dengan mood yang buruk, rasa malas, rasa enggan untuk  berangkat bekerja maka jangan heran jika selama satu hari Anda merasa segalanya bermasalah. Karena  itu Anda perlu membangun mood yang baik dimulai dari pagi hari.

Sonya Chris/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana