Bagaimana Untuk Saling Menghormati

(Business Lounge – Empower People) – Perlakukan orang lain, seperti yang Anda ingin mereka memperlakukan Anda. Untuk mendapatkan rasa hormat Anda harus terlebih dahulu memberikan penghormatan dan memberikannya kepada diri sendiri juga, karena, jika Anda tidak menghormati diri sendiri, tidak ada orang lain yang akan menghormati Anda. Hanya mengatakan ‘tolong’ dan ‘terima kasih’ tidak berarti bahwa Anda sedang hormat. Dalam kehidupan sehari-hari, kita kadangkala melupakan kewajiban moral untuk menghormati orang lain sehingga kita juga dihormati pada gilirannya. Jika Anda bisa mendapatkan rasa hormat dari rekan-rekan Anda dan relasi yang lain, maka itu hidup akan terasa lebih baik sebagai itu adalah hal yang paling sulit untuk mendapatkan, bahkan mengambil seumur hidup.
Rasa hormat itu tidak pernah bisa dipaksa karena itu datang langsung dari hati kita. Seseorang mungkin menghormati yang lain karena takut tapi itu bukanlah hormat yang tulus. Rasa hormat yang tulus hanya datang ketika Anda berempati dengan orang lain, yang akan membuat dia merasa dihormati dan ingin membalas budi. Untuk menempatkan kebutuhan orang lain melebihi  Anda sendiri, akan membuat anda memiliki rasa hormat kepada orang lain. Menghormati adalah pilar yang mendukung jembatan yang disebut hubungan. Di bawah ini adalah tips untuk membantu Anda menjadi lebih saling menghormati terhadap orang lain.

Tips Untuk Saling Menghormati

Jadilah baik. Menunjukkan kebaikan terhadap orang lain adalah cara terbaik untuk menimbulkan perasaan cinta Anda kepada mereka. Sebuah tindakan sederhana kebaikan dapat menunjukkan rasa hormat Anda terhadap orang lain.
Mendengarkan dengan penuh perhatian dan menunjukkan minat pada apa yang dikatakan. Banyak sekali, ketika tidak menunjukkan perhatian, membuat orang lain merasa bahwa, Anda tidak menanggapinya secara serius. Hal ini dapat dianggap juga sebagai kurangnya rasa hormat dan berpikir bahwa Anda tidak menganggap dia setara dengan Anda. Jadi, waktu berikutnya, dia juga tidak akan memberikan perhatian kepada Anda.
Sopan santun adalah kualitas penting untuk menunjukkan rasa hormat. Jadi, menumbuhkan perilaku yang baik, mendapatkan rasa hormat, ketika mereka berinteraksi dengan orang yang baik. Perilaku yang baik otomatis mendapatkan rasa hormat dari orang lain.
Jangan stereotip orang lain. Stereotip membuat, Anda datang sebagai orang berpikiran sempit. Hal ini juga menunjukkan kurangnya rasa hormat untuk orang, Anda stereotip.
Memahami orang lain, baik yang Anda suka maupun yang tidak suka. Hal ini menunjukkan komitmen Anda kepada mereka.
Jangan mendikte atau meremehkan siapa pun karena latar belakang nya, agama, atau status sosialnya.
Anda tidak dapat menghormati siapa pun yang Anda ejek, menggoda atau menjelek-jelekkan. Jauhkan sikap seperti ini dan Anda akan merasa menghormati orang lain. Setelah Anda mulai menghormati orang, Anda  yang terbiasa untuk mengejek;  maka Anda secara bertahap akan mengembangkan rasa menghormati pada semua orang.
Meminta maaf atas kesalahan Anda, dapat menunjukkan seberapa banyak Anda menghargai orang lain. Ketika Anda meminta maaf untuk kesalahan atau sakit hati yang Anda lakukan, sampaikan penyesalan Anda yang tulus dan dia akan menghargai rasa cinta dan hormat yang Anda berikan.
Bila Anda menghormati seseorang, Anda juga harus menghormati pilihannya dan kehendak bebasnya. Jadi, jangan menekan siapa pun untuk melakukan sesuatu yang dia tidak bersedia melakukannya. Ketika Anda memberikan prioritas pada seseorang untuk memilih,  Anda sudah menunjukkan padanya rasa hormat Anda.
Untuk menunjukkan rasa hormat, berikan kesempatan orang lain memberikan opini. Ini tidak berarti membabi buta mengikuti apa yang mereka katakan. Anda harus menunjukkan pemahaman Anda tentang pendapatnya, dan kemudian menyampaikan alasan Anda untuk persetujuan atau tidaksetuju.

iin3Endah Caratri/VMN/BL/Managing Partner Financial, Accounting & Tax Services