Mengenal Jualo.com, Website e-commerce dengan Fitur Geosearch

(Business Lounge – Tech & Gadget) Jualo merupakan sebuah situs jual beli dengan konsep e-classifieds yang menyediakan layanan iklan baris seperti yang disediakan olx.co.id. Jualo.com didirikan oleh Chaim Fetter, seorang warga negara Belanda yang telah tinggal di Indonesia selama lebih dari 10 tahun. Selain mendirikan Jualo, Fetter juga dikenal aktif dalam bidang sosial dengan mendirikan Yayasan peduli anak yang memiliki visi untuk membantu anak-anak yang kurang mampu dan terlantar.

Diresmikan pada bulan Januari 2014 lalu, sebagai startup e-commerce, keberanian Jualo untuk bersaing dengan pemain e-commerce besar seperti olx perlu diacungi jempol. Nyatanya keberanian dan tekad ini membawa Jualo pada kesuksesan dengan berhasil meraih visitor sebanyak 35 ribu perhari dan memiliki page views sekitar 200 ribuan, dan telah  menduduki peringkat 406 di Indonesia berdasarkan situs peringkat Alexa. Produk yang dijual pada website ini beraneka ragam, mulai dari kategori  fashion, elektronik bahkan sampai properti dapat ditemukan pada website ini.  Tercatat sudah ada 40 ribu produk yang dijual pada website ini, dengan nilai penjualan sebesar 5 juta dollar US.

Pada dasarnya, jualo.com memiliki cara pemasaran yang sama dengan situs e-commerce lainnya, yaitu menjadi perantara yang menghubungkan penjual dan pembeli secara langsung. Akan tetapi ada beberapa keunikan Jualo yang boleh dikatakan menjadi nilai lebihnya. Pertama adalah Jualo menaruh fokusnya pada pembeli. Berbeda dengan kebanyakan e-commerce yang lebih fokus pada penjual, Jualo mengambil langkah yang berbeda dengan lebih memanjakan dan fokus kepada pembeli. Jualo memberikan keleluasaan kepada pembeli untuk dapat mencari dan membeli barang sesuai dengan yang dibutuhkan, baik itu barang baru maupun barang bekas.

Hal lainnya yang menjadi keunikanya, Jualo berusaha menjadi tempat yang aman dan nyaman berbelanja online dengan menyediakan fasilitas Geosearch. Fitur Geosearch memudahkan pembeli untuk mencari barang yang diinginkan sesuai dengan lokasi pembeli berada. Misalnya jika seorang pembeli yang berada di kawasan Sudirman, Jakarta, ingin membeli iPad, maka melalui sistem Geosearch, Jualo akan memberikan informasi siapa saja yang menjual iPad pada kawasan tersebut. Dengan begitu maka penjual dan pembeli dapat bertemu langsung untuk bertransaksi. Hal ini tentunya sangat berguna untuk untuk menghindari terjadinya penipuan yang sering kali menjadi kekuatiran dari para pelanggan. Selain fitur Geosearch, Jualo juga terus berusaha meningkatkan keamanan dengan menyediakan tempat khusus untuk pengaduan pembeli, dan juga terus memantau penjual dan pembelinya dalam bertransaksi. Jualo memberikan tanda verified kepada penjual yang sudah terpercaya, yang sudah dilakukan pemeriksaan terkait pelaku dan produk yang dijualnya.

Mengenai pendanaannya, selain menggunakan dana sendiri, Jualo juga mendapatkan dukungan dana dari berbagai pihak, khususnya dari teman-teman Chaim. Untuk terus mengembangkan Jualo, Chaim memiliki strategi dengan terus melakukan update atas websitenya setiap hari sesuai dengan masukan dari para pengguna. Untuk urusan promosi, Jualo memfokuskan diri dengan melakukan promosi melalui media sosial Twitter dan Facebook. Alasannya selain biaya yang tidak terlalu besar, promosi melalui media sosial juga dinilai efektif karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna facebook dan Twitter terbanyak di dunia. Web Jualo sendiri sudah bersifat mobile friendly, bisa diakses melalui perangkat mobile berbasis Android. Untuk versi iOS sedang dalam taraf pengembangan.

Rebecca Hayati/VMN/BL/Managing Partner E-Commerce
Editor: Ruth Berliana