Algoritma Baru dari Google

(Business Lounge – Tech & Gadget) Pekan lalu raksasa pencarian terbesar Google kembali melakukan update terhadap algoritma-nya khususnya untuk pencarian melalui mobile. Algoritma baru ini dirancang untuk mendorong halaman website yang bersifat mobile friendly dalam hasil pencarian mobile google. Google berharap perubahan ini akan memberikan pengalaman pencarian yang lebih nyaman bagi pengguna mobile mereka. Hal ini sangat penting, mengingat saat ini ada sekitar 60 persen pengunjung Google yang berasal dari mobile.  Perubahan ini sendiri akan menghabiskan waktu sekitar satu minggu.

Jika dulu Google akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan terpopuler dari kata yang diketikkan pengguna, kini dengan algoritma baru ini hanya website yang mobile friendly yang akan ditampilkan diurutkan teratas, sementara website yang belum mobile friendly atau disebut juga belum responsive akan terkubur di bawah hasil pencarian. Adapun yang menjadi kriteria mobile friendly adalah situs yang mempunyai ukuran huruf besar, tautan yang mudah, dan mempunyai pengaturan tampilan yang dapat disesuaikan lewat smartphone.

Update yang dilakukan oleh Google ini kelihatannya akan berdampak kepada kebanyakan situs-situs dari usaha kecil yang belum bersifat mobile friendly. Akibatnya situs-situs ini tidak akan tampil di urutan teratas hasil pencarian, meskipun situs tersebut terkenal. Tidak mengherankan hal ini akan berpengaruh kepada menurunnya jumlah visitor situs. Hal yang perlu diperhatikan bahwa update ini hanya akan berpengaruh pada pencarian melalui perangkat mobile, tidak berlaku untuk pencarian melalui desktop atau komputer.

Algoritma ini diterapkan di seluruh dunia secara bersamaan, secara real time dan halaman demi halaman. Real time artinya update algoritma ini akan mempengaruhi pencarian melalui mobile di semua negara secara bersamaan. Hal ini berarti ketika anda mengubah halaman website anda menjadi mobile friendly, anda akan mendapatkan manfaat langsung darinya. Di satu sisi hal ini adalah keuntungan, karena Anda tidak perlu menunggu beberapa bulan sampai Google memverifikasi perubahan website Anda. Bersifat “halaman demi halaman” berarti bahwa penilaian mobile friendliness ini didasarkan halaman demi halaman, artinya jika ada satu halaman dari situs anda yang tidak mobile friendly, ini tidak akan mempengaruhi halaman lain pada website anda yang sudah bersifat mobile friendly.

Lantas apa yang harus dilakukan untuk menyesuaikan diri untuk tetap eksis di pencarian Google? Cara terbaik adalah melakukan tes pada halaman website anda. Periksalah apakah halaman website tersebut sudah dianggap mobile friendly oleh Google. Untuk melakukan test ini anda dapat menggunakan berbagai mobile-friendly test tool yang tersedia. Jika halaman website anda belum mobile friendly, maka segeralah lakukan update. Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mencari cara untuk terus meningkatkan mobile friendliness dari  halaman website Anda.

Rebecca Hayati/VMN/BL/Managing Partner E-Commerce
Editor: Ruth Berliana