Menuju Pantai Rahasia di Bali

(Business Lounge – Travel) Pantai Pandawa Bali adalah salah satu kawasan objek wisata yang berada di Bali tepatnya di Desa Kutuh, Kabupaten Badung, itulah sebabnya Pantai Pandawa juga dikenal dengan nama Pantai Kutuh. Tetapi tidak heran juga jika ada yang menyebutnya dengan sebutan pantai rahasia (Secret Beach) karena letaknya berada di belakang tebing.

Bila Anda mendatangi pantai ini, maka Anda akan menemukan tebing-tebing tinggi dengan semak belukar yang tumbuh di sana. Hal yang unik juga adalah bagaimana akses jalan menuju pantai ini yang semula cukup sulit, tetapi kemudian menjadi sangat mudah. Hal itu oleh karena daya tarik pantai yang selalu menarik banyak pengunjung sehingga pemerintah setempat pun memutuskan untuk membuka akses jalan sepanjang 1,5 km dengan membelah bukit yang menghalangi akses ke sana. Sehingga terlihatlah akses jalan yang diapit dinding bukit nan megah di kiri dan kanan jalan menuju Pantai Pandawa. Memerlukan waktu selama 2 tahun untuk membuka jalan menuju pantai tersebut.

IMG_1276

IMG_1284

Sisi-sisi tebing pun tidak dibiarkan begitu saja, pemerintah memutuskan untuk mengisi tebing-tebing tersebut dengan patung pewayangan lima pandawa yaitu patung Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa.

IMG_1301

Sejak akses jalannya yang telah dimudahkan kini pantai ini sering diramaikan oleh pengunjung, baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara. Suara deru air ombak di kejauhan disertai dengan hamparan pasir putih yang mempesona menjadikan pantai ini layak dijadikan menjadi tempat liburan anda dan juga keluarga.

Hal yang unik juga pantai ini memiliki perbatasan antara pantai dan laut dalamnya yang dibatasi dengan budidaya rumput laut. Sehingga tidak perlu kuatir untuk bermain di pantainya sebab tidak akan ada ombak yang menghempas ke pantai. Ombak hanya akan berhenti pada perbatasan rumput laut.

IMG_1288

IMG_1290

IMG_1296

Sonang Elyas/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image: Sonang Elyas.