Delapan Perilaku yang Menghambat Kesuksesan Anda

(Business Lounge – Empower People) Bila Anda ingin meraih sukses, maka semua perilaku Anda harus disesuaikan untuk meraih kesuksesan itu.  Coba perhatikan hal-hal ini dan jawablah sendiri. Bagaimana reaksi Anda dalam stress jangka panjang? Apakah Anda memenuhi komitmen Anda atau tidak? Bagaimana interaksi Anda terhadap yang lain? Bagaimana sikap Anda kepada pelanggan? Seberapa keras Anda bersedia bekerja untuk melakukan pekerjaan yang tepat? Apakah Anda fokus dan disiplin atau mudah buyar dan terganggu?

Berikut adalah beberapa perilaku buruk yang harus anda tinggalkan, karena itu akan menghambat kesuksesan Anda:

1) Kemalasan

Untuk mencapai hal-hal yang besar dibutuhkan kerja keras dalam waktu yang panjang, karena itu dibutuhkan fokus dan disiplin.  Mengapa kebanyakan orang tidak mencapai hal-hal yang besar? Persoalannya adalah kebanyakan orang pemalas, entah malas dalam berbagai hal.

2) Mental ingin cepat jadi

Steve Jobs mengatakan bahwa yang membedakan antara pengusaha sukses dan tidak adalah dari ketekunannya. Terlalu banyak ingin meraih segala sesuatu dengan instant, mereka tidak sabar untuk menunggu dan berusaha.

3) Panik

Situasi bertekanan tinggi adalah hal yang biasa dalam dunia bisnis. Sebagian besar hal tidak berlangsung sesuai dengan apa yang kita rencanakan, jika kita tidak bisa bersikap tenang, kita akan menjadi kacau.

4) Hidup di masa lalu atau masa depan

Memang kita dapat belajar dari masa lalu, namun hidup pada masa lalu akan merusak diri sendiri. Demikian juga, Anda dapat merencanakan dan bermimpi akan masa depan, namun jika tindakan Anda tidak fokus pada masa kini, Anda tidak akan pernah mencapai rencana atau mimpi Anda.

5) Terlalu sensitive

Jika setiap kritik dapat membuat Anda gila dan hal yang kecil saja sudah bisa menyinggung Anda, maka Anda akan mengalami kesulitan. Inilah sebabnya mengapa setiap pemimpin bisnis biasanya memiliki selera humor yang baik dan kerendahan hati, ini adalah sebuah keharusan. Jangan menganggap diri Anda terlalu serius.

6) Keegoisan

Jika Anda bertindak hanya semata-mata berdasarkan kepentingan Anda, maka Anda akan gagal. Keegoisan mengurangi keefektifan Anda. Hal yang perlu Anda ingat, bisnis bukan tentang Anda sendiri, tetapi tentang pengalaman pelanggan Anda terhadap produk Anda atau terhadap layanan Anda.

7) Kemarahan

Apapun perasaan Anda, sampaikanlah perasaan Anda dengan cara yang baik, bukan dalam kemarahan. Karena kemarahan yang tidak terbendung, bukan hanya akan membuat Anda dan sekeliling Anda menderita, akan tetapi fatalnya itu juga membunuh karir Anda.

8) Kenaifan

Terlalu cepat percaya kepada sesuatu atau kepada orang lain sering kali membawa Anda kepada kegagalan. Masalahnya Anda harus belajar bahwa tidak semua orang di dunia ini dapat dipercaya, masing-masing punya kepentingan sendiri yang ingin diraihnya, entah dengan cara apa. Jadi jangan terlalu cepat percaya, belajarlah untuk mengevaluasi semua hal yang anda dengar dan atau baca, dan selalu pertimbangkan  sumbernya.

Cobalah mengevaluasi diri Anda manakala salah satu sifat di atas ada pada Anda.

Rebecca HayatiRebecca Hayati/VMN/BL/Managing Partner E-Commerce