Cara Google Memanjakan Karyawannya

(Business Lounge – Empower People) Pada tahun ini, Google kembali dinyatakan sebagai perusahaan yang paling diminati oleh para pencari kerja, hal ini sesuai dengan survei yang dilakukan WSJ kepada lebih dari 3.200 sarjana jurusan ilmu komputer dari 275 perguruan tinggi. (Baca: Google Masih Paling Diminati Para Pencari Kerja). Survei ini menemukan bahwa google menempati posisi sebagai perusahaan yang paling populer diikuti dengan Apple, Amazon, dan Facebook. Hal ini salah satunya berkaitan dengan komitmen Google untuk menyediakan lingkungan kerja yang menyenangkan bagi karyawannya.

Apa saja fasilitas yang disediakan Google untuk memanjakan karyawannya? Berikut daftarnya:

1. Makanan dan minuman gratis

Google menyediakan makanan dan minuman gratis bukan hanya untuk makan siang tetapi untuk sarapan, makan siang, sampai makan malam. Hal ini awalnya dilatarbelakangi karena lokasi kantor Google yang berada jauh dari restoran. Dengan fasilitas ini, tentu saja akan menghemat waktu dan uang para karyawan Google.

2. Transportasi gratis

Google menyediakan transportasi gratis bagi karyawannya yang tingal di sekitar Mountain View, dekat dengan lokasi Googleplex (kantor Google).

3. Pangkas rambut gratis

Bagi para karyawannya, Google juga menyediakan fasilitas pangkas rambut gratis di kantor, sehingga para karyawannya tidak perlu pergi ke salon sendiri dan antre untuk memangkas rambut.

4. Laundry gratis

Google juga menyediakan fasilitas laundry dan dry cleaning gratis bagi karyawannya, karena itu jangan heran bila setiap akhir pekan karyawan Google akan ramai-ramai membawa pakaian kantornya ke Googleplex.

5. Ruangan dokter dan pemeriksaan kesehatan

Google juga sangat konsen dengan kesehatan karyawannya, bagi karyawan yang mengalami keluhan kesehatan dapat segera datang ke ruangan dokter untuk diperiksa.

6. Fasilitas olah raga

Untuk menjaga kebugaran tubuh karyawannya, Google menyediakan berbagai fasilitas olah raga seperti fitness centre, kolam renang, dan juga fasilitas bermain pingpong, billiard, dan table football. Selain itu bagi yang gemar bermain game, Google juga menyediakan perlengkapan video game. Untuk faktor keselamatan, kolam renang milik Google ini pun di dijaga oleh petugas khusus.

7. Fasilitas pemijatan

Untuk mengimbangi tuntutan pekerjaan yang besar atas karyawannya, Google menyediakan fasilitas pemijatan untuk membuat mereka relaks dan terhindar dari stress.

8. Cuti dan tunjangan melahirkan

Kalau kantor-kantor lainnya hanya memberikan cuti melahirkan kepada karyawan pertempuannya, Google memberikan cuti juga kepada karyawan laki-lakinya untuk menyambut kehadiran anak selama 6 minggu. Sementara bagi karyawan perempuan yang melahirkan, Google memberikan  cuti selama 18 minggu. Selain itu Google juga memberikan bonus untuk meringankan biaya kebutuhan bayi, dan juga menyediakan fasilitas day care untuk menitipkan bayi ketika karyawan wanitanya kembali bekerja.

9. Tunjangan kematian
Tidak tanggung-tanggung, Google menjamin kesejahteraan karyawannya sampai mereka meningal dunia. Bagi karyawannya yang meninggal dunia, Google akan mencairkan asuransi jiwa karyawan dan memberikannya kepada keluarga yang ditinggalkan. Google juga akan membayarkan setengah dari gaji karyawan tersebut kepada suami/istrinya yang ditinggalkan hingga 10 tahun ke depan. Selain itu, Google juga akan memberikan tunjangan sebesar 1.000 dollar AS yang akan diberikan setiap bulan kepada anak-anak dari almahum.

10. Fasilitas TechStop
TechStop adalah unit tech support yang dijaga oleh para spesialis TI terbaik di Googleplex. Karyawan yang mengalami kesulitan dengan hardware dan atau software dapat segera datang untuk meminta bantuan. Fasilitas teknologi ini buka non stop, 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Hal sepele apapun akan dilayani di sini, termasuk kalau karyawannya lupa membawa charger laptopnya. 

Selain ke-10 fasilitas di atas, ada banyak lagi fasilitas yang disediakan Google, misalnya Google mengijinkan karyawannya untuk membawa hewan peliharaannya ke kantor, juga memfasilitasi karyawannya untuk bertemu dengan orang-orang pintar dengan tujuan supaya karyawannya semakin pintar.

Apa pun bentuk fasilitas yang diberikan, Google hanya berupaya menempatkan karyawan sebagai asset yang paling berharga yang dimiliki oleh perusahaan. Hal yang patut ditiru oleh perusahaan-perusahaan lainnya walaupun dalam bentuk yang berbeda.

Rebecca Hayati/VMN/BL/Managing Partner E-Commerce