kids using smartphone

1:3 Anak di Bawah Setahun Sudah Pakai Tablet dan Smartphone (Research)

(Business Lounge – Tech & Gadget) Merebaknya penggunaan smartphone saat ini tidak hanya ada di kalangan remaja, muda, dan dewasa tapi telah sampai juga kepada anak-anak bahkan mereka yang usianya dibawah 1 tahun.

Dilansir dari Time (26/5), sebuah studi melaporkan bahwa lebih dari sepertiga anak berusia dibawah 1 tahun telah menggunakan perangkat seperti smartphone atau tablet.

Penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan Pediatric Academic Societies menunjukkan bahwa pada usia 2 tahun, kebanyakan anak-anak sudah menggunakan perangkat mobile. Untuk mencapai temuan ini para analis telah melakukan survei terhadap 30 orang tua yang memiliki anak berusia antara 6 bulan sampai 4 tahun tentang eksposur mereka untuk media dan elektronik.

Secara keseluruhan, penggunaan teknologi di rumah adalah hal yang biasa. Hasil survei menunjukan bahwa 97% dari rumah keluarga memiliki TV, 83% memiliki tablet, 77% memiliki smartphone, dan 59% memiliki akses internet.

Menurut respon orangtua, 52% anak-anak dibawah usia 1 tahun sudah menonton TV, 36 % menyentuh atau menggulir layar smartphone atau tablet, 24% menelepon seseorang, 15% menggunakan aplikasi, dan 12% bermain video game.

Sementara itu, jumlah waktu yang dihabiskan oleh anak-anak juga akan meningkat ketika umur mereka semakin bertambah, dengan 26% dari anak usia 2 tahun, dan 38% dari anak usia 4 tahun menggunakan perangkat selama setidaknya satu jam sehari.

W.Lubis/VMN/BL/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Lidia Wulan