(Business Lounge – AACC2015) Dalam perbincangannya dengan Vibiz Media Network, Perdana Menteri Mesir, Ibrahim Mahlab mengatakan betapa pentingnya KTT Asia Afrika ini bagi Mesir mengingat Mesir juga adalah salah satu pelaksana KTT Asia Afrika pada tahun 1955.

Mahlab yakin bahwa dengan kerjasama Selatan-Selatan, sebagai negara yang berkembang dengan perekonomian yang juga sedang berkembang maka adanya kompetisi di antara negara-negara Asia dan Afrika menjadi sangat penting sebab terdapat banyak kesempatan dan memungkinkannya untuk bekerja sama serta saling menghargai satu dengan yang lain.

Dalam berbagai sudut pandang seperti politik, ekonomi, dan sosial, Mahlab mengatakan bahwa itulah yang menyebabkan negara-negara Asia Afrika berkumpul dalam KTT ini. Semuanya menghadapi tantangan yang  sama bagaimana berbahayanya terorisme juga negara-negara memiliki pandangan yang sama mengenai kemerdekaan Palestina. “Itulah sebabnya kami di sini,” demikian dikatakannya juga dengan menyebutkan dua hal utama yang menjadi pokok pembahasan dalam KTT Asia Afrika ini yaitu bahaya teroris, dan permasalahan Palestina.

Sedangkan hubungan bilateral dengan Indonesia, Mahlab mengatakan bahwa Mesir akan menyambut perindustrian Indonesia serta negara-negara lainnya yang ingin berinvestasi di Mesir sehubungan proyek besar Mesir yang saat ini sedang berlangsung, New Suez Canal Zone Project.

Dalam perbincangan ini Mahlab pun menyebutkan bahwa ia melihat Indonesia memiliki banyak kesempatan  sebagai negara yang sedang berkembang dengan pertumbuhan perekenomian yang sangat baik, maka ada kesempatan bagi Mesir dan Indonesia untuk dapat bekerjasama.

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.