Membuat Proses Pencarian Calon Karyawan Menjadi Lebih Mudah

(Business Lounge – Empower People) Diperlukan adanya sebuah proses yang efektif dalam pencarian karyawan guna mengisi sebuah posisi dalam perusahaan. Hal ini merupakan sesuatu yang gampang-gampang susah dikarenakan membutuhkan waktu dan tenaga untuk mendapatkan calon karyawan yang sesuai dengan kriteria. Tidak jarang calon karyawan yang melamar untuk satu posisi melebihi dari jumlah yang dibutuhkan. Tetapi dapat juga untuk posisi yang lain akan sangat sulit untuk mencari calon karyawan yang tepat. Padahal informasi adanya lowongan yang tersedia sudah disebarkan melalui berbagai cara. Sehingga waktu yang diperlukan dalam proses pencarian calon karyawan yang cocok tidaklah sebentar. Dapat juga terjadi bahwa banyaknya calon karyawan yang melamar tetapi tidak ada yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Sehingga banyak waktu dan tenaga yang terbuang. Cara yang sangat mudah dan cepat kadang dilakukan untuk segera mengisi kekosongan yang ada, yaitu dengan menginformasikan kepada karyawan jika memiliki teman atau kenalan yang membutuhkan pekerjaan. Tetapi cara seperti ini tidak menjamin karyawan yang didapat akan sesuai dengan kriteria, karena waktu yang singkat kadang membuat seleksi menjadi tidak diperlukan. Dengan calon yang ‘apa adanya’ untuk mengisi lowongan yang ada.

Ada beberapa cara yang dapat dipakai untuk mendapatkan karyawan yang tepat untuk mengisi posisi tertentu yang dibutuhkan perusahaan. Misalnya dalam merekrut calon karyawan, perusahaan dapat bekerjasama dengan lembaga pendidikan atau kampus. Sehingga informasi tentang lowongan pekerjaan dapat segera disebarkan kepada mahasiswa atau alumni dari lembaga pendidikan atau kampus tersebut. Hal ini sangat mudah, karena biasanya banyak mahasiswa tingkat akhir yang membutuhkan informasi lowongan pekerjaan. Cara ini tidak memerlukan biaya, pihak HRD dapat langsung menghubungi pihak kampus untuk mendapatkan ijin menyebarkan informasi mengenai lowongan kerja yang tersedia. Pada umumnya pihak lembaga pendidikan atau kampus akan senang mendapat informasi tersebut sehingga mereka juga dapat membantu mahasiswa yang sedang mencari pekerjaan.

Merekrut mahasiswa magang juga dapat dilakukan untuk mendapatkan karyawan yang sifatnya sementara untuk mengisi kebutuhan yang ada. Tetapi banyak juga karyawan yang dimulai dari magang dan akhirnya menjadi karyawan tetap karena sudah merasa cocok dengan pekerjaan yang ada.

Mencari calon karyawan melalui agen pencari tenaga kerja, tetapi melalui cara ini mengeluarkan biaya untuk memasang informasi lowongan pekerjaan yang dapat dilihat oleh banyak orang.

Saat ini dengan banyaknya web penyedia lowongan kerja gratis, dapat memudahkan perusahaan untuk memasang informasi lowongan kerja di web tersebut. Cara ini juga sangat menghemat biaya dan informasi yang ada dapat tersebar ke banyak pencari kerja yang membutuhkan. Dapat juga menggunakan web perusahaan itu sendiri untuk menampilkan informasi lowongan pekerjaan yang tersedia.

Cara lainnya untuk mendapatkan calon karyawan dengan mengikuti job fair yang banyak diselenggarakan oleh agen pencari kerja dan bisa jadi mendatangkan ratusan pelamar yang langsung mengisi formulir yang ada. Data-data yang diterima akan dapat  langsung diproses untuk mendapatkan calon karyawan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

Memang tidaklah mudah untuk mendapatkan calon karyawan yang tepat. Diperlukan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Meyvi Angeline/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana