(Business Lounge – AACC2015) Di tengah aktifitas yang ada di press room tempat para awak media mengolah berita, Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk mengunjungi press room dan melihat aktifitas di sana. Sejenak Presiden Jokowi didampingi oleh Menlu Retno Marsudi, Menko Perekonomian Sofyan Jalil, dan Luhut Panjaitan mengadakan press conference dengan menjelaskan kembali 3 hal yang menjadi topik penting dari KTT Asia Afrika 2015 ini.

Tiga Hal Penting pada KTT Asia Afrika

Pertama, pembahasan mengenai Palestina. Kedua, terorisme dan kapitalisme. Ketiga, konflik antar negara.

“Karena itu untuk menindaklanjuti seluruh rangkaian pertemuan yang telah berlangsung maka diusulkan untuk dibuat sebuah task force atau kontak grup yang akan membuat sebuah bangunan kerangka strategi, bangunan kerangka komunikasi, dan bangunan cara-cara menindaklanjuti setiap pertemuan yang ada,” demikian dikatakan Presiden Jokowi. Ia juga mengemukakan bahwa negara-negara islam yang tergabung memberikan dukungan penuh agar masalah yang ada segera diselesaikan dengan konkrit.

“Penting untuk melihat realita bahwa konflik pada sebuah negara membutuhkan peranan PBB yang segera menengahi, cepat mencarikan solusi, dan cepat memberikan mandat jangan sampai tanpa adanya mandat ada yang melakukan sesuatu,” demikian penuturan Presiden Jokowi. Namun hal terpenting adalah komitmen dari semua pihak.

Mengenai Bilateral dengan Jepang dan Tiongkok
Menurut Presiden Jokowi, pertemuan hari ini bukan lagi mengenai kesepakatan sebab ini bukanlah pertemuan yang pertama, namun merupakan follow up dari pertemuan-pertemuan sebelumnya. Telah diputuskan dan akan dilaksanakan dan diimplementasikan untuk 5 tahun ke depan. Hal ini telah disepakati baik oleh Tiongkok maupun Jepang.

Untuk selanjutnya hal ini akan ditindaklanjuti oleh para menteri. Tetapi ada beberapa hal yang penting diperhatikan, yaitu adanya keseimbangan, keadilan baik mengenai peredaran uang, pendanaan-pendanaan baik menyangkut infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan yang lainnya.

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image: Business Lounge

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.