AACC2015: Senior Officials Meeting – SOM, Alami Deadlock

(Business Lounge – AACC2015) Pertemuan pejabat tinggi (Senior Officials Meeting – SOM) Konferensi Asia Afrika (KAA) 2015 pada Minggu (19/4) berlangsung hingga pukul 22.30 WIB namun mengalami kebuntuan. Sebenarnya acara ini sebelumnya direncanakan berlangsung hingga pukul 18.00 WIB, namun terjadi kebuntuan yang memaksa pertemuan ini terus berlanjut hingga jauh malam. Namun demikian keputusan dari SOM belum juga diketahui.

Pembahasan dalam SOM memang dilaporkan sempat terhenti oleh karena pembicaraan isu reformasi Dewan Keamanan PBB yang terdapat dalam dokumen Kemitraan Strategis Baru Asia Afrika (NAASP), demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Kerja Sama Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Yuri Thamrin seperti dilansir oleh Antara News. Yuri juga mengatakan bahwa hampir semua negara Afrika yang hadir dalam SOM menjadi pihak yang masih belum menyetujui paragraf itu.

Ada 3 hal yang akan menjadi fokus pembahasan dalam  setiap pertemuan Konferensi Asia Afrika (KAA), yaitu Bandung Message, Deklarasi Penghidupan Kembali Kemitraan Strategis Asia-Afrika Baru, dan Deklarasi Dukungan Kemerdekaan Palestina.

Pertemuan para pejabat tinggi ini juga akan berfokus pada elaborasi ketiga dokumen itu serta akan menjadi ajang untuk finalisasi pembahasan bahasa yang dipakai dalam ketiga dokumen tersebut.

Pembahasan ketiga dokumen utama itu kemudian akan dilanjutkan pada Pertemuan tingkat Menteri Asia-Afrika dan hasil dari pembahasan ketiga dokumen itu akan diputuskan pada saat Pertemuan Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan.

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image: Antara