4 Tools Penting untuk Mengelola Akun Media Sosial

(Business Lounge – Dominate the Market) Menurut Chad Brook dalam artikelnya di Business News Daily, media sosial adalah bentuk promosi paling disukai pengusaha kecil yang digunakan untuk menjangkau audiens mereka. Melalui media sosial, pengusaha bisa terhubung dengan target market dan membangun kepercayaan untuk brand dalam cara yang lebih personal.

Berikut beberapa tools yang dapat Anda gunakan untuk mengelola, mengatur, dan memonitor kampanye di media sosial :

1. Hootsuite
Hootsuit adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola dan meng-update kampanye promosi di media sosial secara personal.

Pengguna dapat mengelola situs-situs besar seperti Facebook, Google+ dan Twitter dalam satu dashboard, selain itu pengguna juga dapat melakukan posting dan memonitor setiap update yang dibuat pada platform yang sama.

Hootsuite memiliki akun gratis yang memungkinkan hingga tiga profil sosial dengan integrasi aplikasi dasar. Untuk aplikasi berbayar atau disebut Hootsuite Pro pengguna dapat mengelola 50 sampai 100 profil media sosial dengan harga mulai dari $8.89 (setara dengan 115,570 rupiah) per bulan.

2. Keyhole
Pernahkah Anda berpikir seberapa pentingnya sebuah hashtags atau keyword di media sosial? Keyhole menunjukkan kepada pengguna analisa visual pada orang-orang di dashboard, membantu pengguna mengidentifikasi contextual influencer, melacak volume aktifitas di sekitar kampanye, menemukan konten yang paling menarik atau sebaliknya yang dapat menjadi wawasan berguna untuk strategi branding.

Keyhole menawarkan trial selama tiga hari untuk semua paket. Jika Anda seorang blogger, Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis selama satu bulan penuh. Upgrade mulai $129 (setara dengan 1,67 juta rupiah) per bulan untuk tiga track.

3. Bitly
Banyak fitur yang dapat digunakan untuk memperpendek link di website, salah satunya adalah Bitly. Selain berguna untuk memperpendek link, Bitly memiliki fitur unik yang disebut Real-Time Media Map. Melalui peta ini, Anda dapat memvisualisasikan data Bitly menurut lokasi dan tipe media (misalnya: koran, TV/radio, majalah dan online saja.

4. Quintly
Quintly memungkinkan pengguna untuk mengukur jumlah media sosial dan sebagai acuan mereka terhadap pesaing. Jika diperlukan pengguna bisa merancang strategi pemasaran yang lebih tepat. Dengan Quintly, laporan media sosial dan analisa bisa didapatkan secara otomatis, sehingga tidak perlu memeriksa KPI (key performance indicators) secara manual untuk setiap akun media sosial. Quintly menawarkan trial 14 hari untuk semua paket mereka. Untuk berlangganan harga yang ditawarkan mulai dari $69.

Demikian 4 tools yang dapat digunakan untuk mengelola akun media sosial, silahkan dimaksimalkan.

Lidia Wulan

Lidia Wulan/VMN/BL/Head of Vibiz Internet Marketing Academy