Tiongkok-Indonesia, Partner Bisnis Abadi

(Business Lounge – Business Insight) Tak terasa perjalanan kerja sama Indonesia Tiongkok telah mencapai usia 65 tahun. Pada 13 April 1950, Tiongkok dan dan Indonesia menjalin hubungan diplomatik. Melalui suka duka dan terjalnya perjalanan berliku maka pada 8 Agustus 1990, hubungan diplomatik antar kedua negara diperbaharui. Seiring waktu berjalan, kedua negara semakin mantap berjalan dalam paradigma bisnis yang semakin searah. Maka pada April 2005, ditandatangani Deklarasi Bersama Kemitraan Strategis Tiongkok-Indonesia.

Lalu pada Oktober 2013 setelah menempuh perjalanan bersama 62 tahun maka hubungan diplomatik Tiongkok dan Indonesia meningkat menjadi kemitraan strategis komprehensif. Bagi Tiongkok, Indonesia adalah kawan dagang lama yang tak terpisahkan. Bayangkan saja persahabatan telah terjalin sejak dari 2000 tahun yang lalu pada jaman Dinasti Han Tiongkok.

Pada awal abad ke-15, navigator terkenal dari Dinasti Ming, Tiongkok, Zheng He, berlayar tujuh kali di laut lepas dan selalu bersinggah di pulau-pulau Indonesia untuk melakukan perdagangan dan kerja sama lainnya. Di jaman ini, Presiden Jokowi memilih Tiongkok sebagai negara pertama untuk dikunjungi sekaligus untuk menghadiri pertemuan APEC. Kunjungan itak lebih dari 20 hari setelah Presiden Jokowi dilantik.

Pilihan ini sangat simbolik dan strategis. Dalam pertemuan dengan Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang, maka berhasil dicapai konsensus penting untuk menyelaraskan strategi ‘Jalur Sutra Maritim Abad ke-21’ yang merupakan kolaborasi ide kedua Presiden.

Jika dilihat maka 3 tahun terakhir telah terjadi peningkatan kualitas kerja sama. Pada tahun 2013, kedua negara telah menandatangani Rancangan Lima Tahun Kerja Sama Ekonomi dan Perdagangan. Sedangkan pada tahun 2014, nilai bilateral mencapai 63,586 miliar dollar AS dan dari angka fantastis itu maka investasi langsung non-finansial dari Tiongkok ke Indonesia sebanyak 1,052 miliar dolar AS. Lalu jika dihitung maka sampai akhir 2014, nilai kontrak kedua negara mencapai 43,234 miliar dollar AS.

Indonesia sahabat dagang abadi. Itulah harapan Presiden Xi dalam surat terbukanya kepada Presiden Jokowi untuk mengucapkan selamat atas peringatan 65 tahun hubungan diplomatik Tiongkok-Indonesia. Semua kerja sama perdagangan yang sudah terealisasi membuktikan keseriusan Tiongkok jadikan Indonesia mitra dagang sejati. Lebih dari 700 perusahaan Tiongkok melakukan bisnis di Indonesia dengan mencakup bidang energi, tenaga listrik, pertanian, komunikasi, infrastruktur, finansial dan beberapa bidang lainnya.

Presiden Jokowi dalam surat terbukanya untuk memberi ucapan selamat, menyambut baik kerjasama yang telah terjalin dan berharap dapat diarahkan lebih jauh, tidak hanya bagi kepentingan kedua negara, tetapi juga memperluas perdamaian di kawasan dan dunia. Sahabat dagang menjadi sahabat bagi bangsa-bangsa.

Febe/VM/BL/Journalist
Editor: Tania Tobing
Image: Antara