(Business Lounge – Do You Know?) Tidur merupakan kegiatan rutin yang terjadi setiap hari. Pada dasarnya tujuan lain dari tidur adalah untuk mengembalikan kekuatan sinyal dalam sinapsis yang diaktifkan saat terjaga pada tingkat dasar, juga untuk memulihkan koneksi yang melemah dari fungsi pembelajaran dan memori untuk normal kembali di keesokan harinya. Para ilmuwan telah menunjukkan berbagai cara bahwa tidur berhubungan dengan memori.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Turner, Drummond, Salamat, dan Brown (2007), memori kerja dipengaruhi oleh aktivitas tidur. Pola makan dan nutrisi juga mempengaruhi durasi dan kualitas tidur. Sebuah studi dalam Journal Barat Penelitian Keperawatan pada tahun 2011 membandingkan bagaimana kualitas tidur dipengaruhi oleh empat pola makan yang berbeda: pola makan tinggi protein, tinggi lemak, tinggi karbohidrat, dan diet terkontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi protein menyebabkan episode terjaga lebih sedikit pada malam-waktu tidur. Pola makan tinggi karbohidrat dikaitkan dengan periode lebih pendek diam atau tidur tenang. Hasil ini menunjukkan bahwa nutrisi yang dimakan memang memainkan peran dalam menentukan kualitas tidur. Investigasi lain yang diterbitkan di Nutrition Research pada tahun 2012 meneliti efek dari berbagai kombinasi pilihan pola makan dalam hal tidur. Meskipun sulit untuk menentukan pola makan yang sempurna untuk peningkatan tidur, penelitian ini menunjukkan bahwa berbagai nutrisi mikro dan makro yang dibutuhkan untuk mempertahankan tingkat tidur yang sehat dan tenang. Sebuah pola makan yang bervariasi yang berisi buah-buahan segar dan sayuran, protein rendah lemak, dan biji-bijian bisa menjadi pilihan nutrisi terbaik bagi individu yang ingin meningkatkan kualitas tidur mereka.

Beriktu adalah 10 fakta menarik tentang tidur:

1. Rekor terpanjang untuk periode tanpa tidur adalah 11 hari.

Tidur 1

2. Percobaan pada tahun 1998 menemukan bahwa cahaya terang bersinar di belakang lutut manusia dapat mengatur ulang jam tidur-bangun otak.

Tidur 2

3. Hanya satu-setengah dari otak lumba-lumba tidur pada suatu waktu.

Tidur 3

4. Beberapa orang tuna rungu membuat bahasa isyarat dalam tidur mereka.

Tidur 4

5. Kurang tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan dari 0,9 kg dalam waktu kurang dari seminggu.

Tidur 5

6. Sebelum jam alarm diciptakan, ada “pengetuk” yang akan mengetuk jendela klien dengan tongkat panjang sampai mereka terjaga.

Tidur 6

7. Seekor siput bisa tidur selama 3 tahun.

Tidur 7

8. Tidak mungkin bersin saat tidur.

Tidur 8

9. Berang-berang laut akan berpegangan tangan saat mereka tidur sehingga mereka tidak hanyut satu sama lain.

Tidur 9

10. Dysania adalah keadaan menemukan sulit untuk keluar dari tempat tidur di pagi hari.

Tidur 10

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Source: factslides.com

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.