(Business Lounge – Wise Man Says)

Bagus Susanto, Managing Director PT Ford Motor Indonesia.

Pria yang saat ini menjadi Managing Director PT. Ford Motor Indonesia membagikan upayanya menaikkan peringat Ford dari peringkat ke-14 pada daftar Gaikindo hingga peringkat ke-9 pada tahun 2012, berdasarkan volume penjualan.

“Pada tahun 2002, ketika Ford pertama kali beroperasi di indonesia, penjualannya relatif sangat sedikit dan tidak banyak orang yang tahu apa mobil ford yang ditawarkan di Indonesia. Pada waktu itu Ford masih menempati peringkat ke-14 dalam hal volume penjualan berdasarkan data Gaikindo. Tetapi upaya untuk terus meluncurkan produk-produk baru mulai dari  ford escape, ford ranger, ford everest, sampai ford fiesta, maka hal ini membawa Ford naik ke peringat ke-9 dalam daftar Gakindo berdasarkan volume penjualan.”

Bagus Susanto pun berpendapat bahwa bila Ford telah dikenal oleh masyarakat seperti sekarang ini tidak terlepas dari upaya after sales service yang Ford Motor Indonesia lakukan.

“Tidak hanya meluncurkan produk-produk baru, berbagai usaha juga dilakukan baik dalam pengembangan jaringan dealer, berbagai usaha-usaha after sales service yang menjamin kepuasan pelanggan, menjamin ketersediaan spare part, menjamin kualitas produk yang sesuai standard global dan itu memberikan kebanggaan bagi kita.”

Ada dua point penting yang Bagus garis bawahi untuk menjadi seorang pemimpin.

“Menurut saya pemimpin yang baik mempunyai: pertama, tahu ke mana dia mau melangkah, atau dapat kita sebut aspek tujuan. Salah satu tugas utama seorang pemimpin adalah memberikan direction, memberikan motivasi kepada timnya untuk mencapai sesuatu. Pemimpin harus tahu ke mana dan tujuan apa yang ingin dicapai. Kedua, pemimpin harus tahu bagaimana ia bersama-sama dengan timnya bekerjasama memberikan bantuan baik dalam hal motivasi, expertise, memberikan semangat untuk bersama-sama menuju target dan tujuan yang ingin dicapai.”

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana

Leave a Reply

Your email address will not be published.