(Business Lounge – Empower People) Banyak orang mengatakan bahwa sebuah sukses bergantung pada bagaimana cara kita mengawali hari kita, ya itu memang benar. Akan tetapi apa yang kita lakukan pada saat mengakhiri hari, juga sangat berpengaruh, karena ada banyak hal yang dapat kita lakukan pada malam hari sebelum tidur, untuk menyiapkan hari esok yang lebih efektif.  Berikut beberapa kebiasaan sebelum tidur, yang dapat Anda lakukan:

 1. Mengevaluasi hari dan membuat rencana untuk esok hari

Sediakanlah waktu pada malam hari, untuk mengevaluasi hari Anda. Apakah hari ini berjalan sesuai dengan planning Anda, apa yang telah Anda lakukan, apa keberhasilan Anda hari ini, dan apa yang masih harus diperbaiki. Melakukan evaluasi seperti ini akan membuat Anda semakin mengerti tujuan Anda dan memotivasi Anda untuk mengambil tindakan untuk mencapai tujuan tersebut. Sesudah Anda melakukan evaluasi, maka buatlah rencana untuk esok hari. Di antara banyaknya hal yang ingin Anda lakukan, tentukanlah mana yang Anda prioritaskan, supaya Anda dapat tetap fokus. Daftarkan apa saja yang akan Anda kerjakan, dan urutkan berdasarkan skala prioritas, hal ini sangat menolong Anda untuk siap melalui hari esok dengan lebih percaya diri.

2. Menulis diary

Banyak orang sukses seperti Theodore Roosevelt, Thomas Jefferson, Charles Darwin, dan  Benjamin Franklin, memiliki kebiasaan menulis diary. Tuliskan pemikiran dan perasaan Anda, hal ini penting untuk mengasah pikiran Anda. Kebiasan menulis juga akan meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir Anda untuk menjadi pemimpin yang lebih baik.

3. Membaca buku

Bill Gates, miliarder pendiri Microsoft adalah seorang pembaca setia, ia memiliki kebiasaan menghabiskan waktunya selama satu jam sebelum tidur untuk membaca buku. Banyak orang sukses memiliki  hobi membaca. Mereka menghabiskan setidaknya 10 – 20 menit setiap hari sebelum tidur untuk membaca, dan mereka belajar banyak dari pemikiran orang lain. Dengan membaca, mereka memperluas wawasan mereka untuk dapat memimpin dan memotivasi tim dan membangun bisnis mereka. Selain itu membaca buku juga memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan kesehatan otak anda untuk jangka panjang, juga dapat mengurangi stress.

4. Berkumpul dengan keluarga

Satu hari yang sibuk telah Anda lalui, mungkin Anda merasa sangat lelah, tetapi jangan lupakan keluarga Anda, sediakanlah waktu untuk sekedar berkumpul atau bercengkerama dan berbagi dengan mereka. Hal ini sangat penting, karena semakin Anda menyediakan waktu untuk keluarga Anda, semakin banyak Anda dapat membagikan pengalaman hidup dan pemikiran Anda.

5. Berdoa

Selain dari hal-hal yang telah disebutkan di atas, jangan lupa untuk berdoa. Sebuah studi pada tahun 2014 menunjukkan bahwa berdoa terbukti dapat membantu mengurangi stress dan depresi, juga mengurangi rasa sakit. Ambillah waktu sekitar 10 menit untuk berdoa. Dalam doa Anda, ucapkanlah syukur untuk satu hari yang telah Anda lalui, dan mohonkanlah berkat untuk apa yang akan Anda kerjakan pada esok hari.

Rebecca HayatiRebecca Hayati/VMN/BL/Managing Partner E-Commerce

Related Posts

No Responses

  1. sunny

    yang penting adalah konsistensi ya..supaya hasil yang dicapai maksimal alias memuaskan

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.