Korea Selatan Menetapkan Kompensasi Bagi Korban Feri

(Business Lounge – News & Insight) – Korea Selatan mengatakan akan membayar sekitar US $ 380.000 sebagai kompensasi untuk masing-masing dari 250 siswa yang meninggal dalam bencana feri pada tahun lalu, meskipun beberapa keluarga korban menuduh pemerintah mencoba untuk mengalihkan perhatian dari tuntutan mereka untuk melakukan penyelidikan independen, dilansir dari Shanghaidaily.

Kapal Sewol tenggelam pada tanggal 16 April tahun lalu sementara melakukan perjalanan ke pulau wisata Jeju, menimbulkan korban sebanyak 304 orang yang tewas atau hilang dan menciptakan krisis bagi pemerintahan President Park Geun-hye dalam melakukan penanganan bencana.

Tuntutan masyarakat oleh keluarga korban pada pemerintah untuk memungkinkan dilakukannya penyelidikan independen terhadap bencana semakin meningkat dalam minggu-minggu menjelang ulang tahun negara. Keluarga korban juga ingin kapal yang akan dinaikkan, tetapi pemerintah belum memutuskan rencana apa yang terkait dengan hal itu.

“Keluarga almarhum tidak akan mengambil SEMUA  ₩ 4,2 triliun atau masing masing orang sebesar  ₩ 420 juta jika pencarian kebenaran sesungguhnya dan penyelidikan kapal tidak dilakukan dengan benar,” Yoo Kyung-keun, yang mengepalai keluarga asosiasi korban, seperti dikutip oleh kantor berita Yonhap.

Mereka mengatakan penyelidikan pemerintah tahun lalu tidak cukup, dan bahwa komisi  patungan pemerintah swasta yang didirikan untuk penyelidikan kapal yang tenggelam tidak ini memiliki cukup perwakilan dari keluarga.

Keluarga dari 11 guru yang meninggal akan menerima rata-rata  ₩ 763,9 juta (US $ 692.930), jumlah ini memperhitungkan pendapatan yang hilang, demikian Kementerian Kelautan dan Perikanan mengatakannya. Keluarga penumpang lainnya akan menerima antara 150 juta won sampai ₩ 600 juta tergantung pada usia dan pendapatannya, katanya.

Arum/Journalist/VMN/BL
Editor: Iin Caratri