Best Buy Menutup Future Shop di Kanada

(Business Lounge – Business Insight) Best Buy mengatakan akan menutup rantai Future Shop di Kanada untuk dapat memusatkan perhatian pada merek senamanya. Langkah ini akan berdampak pada diberhentikannya sekitar 1.500 pekerja di seluruh negeri.

Best Buy yang berbasis di AS memperoleh Kanada Future Shop pada tahun 2001 dan menjalankan toko elektronik tesebut dalam format aslinya, bahkan Best Buy mendirikan toko barunya di dekatnya. Perusahaan pada hari Sabtu (28/3) mengatakan bahwa pengaturan tersebut tidak lagi masuk akal.

“Selama lebih dari satu dekade, mereka memiliki dua merek dan bahkan dua toko yang hanya berjarak beberapa menit dan masih dapat berjalan dengan baik,” demikian dikatakan juru bicara Best Buy Matt Furman seperti dilansir oleh WSJ. “Apa yang berubah sekarang adalah bahwa pasar tidak berkembang di Kanada. Apa yang kita butuhkan sekarang adalah lebih sedikit tapi lebih baik hanya memiliki satu merek dan investasi pun atas satu merek tersebut.”

Best Buy mengatakan langkah tersebut akan mempengaruhi sekitar 500 posisi full-time dan 1.000 pekerja paruh waktu. Perusahaan berencana untuk menutup 66 toko Future Shop. Sedangkan 65 toko lainnya akan dibuka kembali setelah seminggu di bawah Best Buy moniker. Sebagai hasil dari langkah-langkah ini, pengecer sekarang akan memiliki 192 lokasi di seluruh Kanada.

Keputusan Best Buy menandai pertarungan terbaru dari pergolakan di sektor ritel Kanada. Pada bulan Januari, Target Corp mengumumkan menutup operasi Kanada yang termasuk 133 toko dan 17,600 karyawan, setelah peluncuran yang sempat terganggu oleh keluhan pelanggan tentang barang dagangan, harga, dan lokasi toko yang buruk. Pengecer lain juga telah mengumumkan rencana untuk menutup toko Kanada termasuk Sony Kanada dan ritel fashion Mexx.

Penurunan harga dan permintaan yang jarang juga menekan penjualan Best Buy di AS akhir-akhir ini, meskipun penjualan rantai membaik selama liburan. Langkah terbaru tidak mempengaruhi jejak domestik perusahaan, yang tetap relatif stabil selama beberapa tahun terakhir.

Best Buy mengatakan akan menginvestasikan hingga 200 juta dolar Kanada, atau sebanyak US $ 160 juta, selama satu sampai dua tahun pada bisnis di Kanada untuk mendukung peningkatan staf di toko-toko yang tersisa, menampilkan merek tertentu, peralatan rumah yang lebih dan integrasi dan yang lebih erat dengan rantai website.

Perusahaan juga berencana untuk merekam biaya restrukturisasi dan gangguan nonrestructuring di kisaran C $ 250 sampai C $ 350.000.000 (US $ 200 juta sampai US $ 280 juta). Itu termasuk biaya tunai untuk menutup kewajiban sewa dan biaya pesangon, kata pengecer.

“Saat ini, 80% dari pelanggan kami berada dalam jarak 15 menit berkendara ke toko dan ini tidak akan berubah,” kata Ron Wilson, presiden dan chief operating officer dari Best Buy Kanada, dalam rilisnya. “Kami akan terus memiliki kehadiran yang kuat di semua pasar utama di Kanada.”

Future Shop mengoperasikan sekitar 140 toko di seluruh Kanada, menurut website-nya pada hari Sabtu pagi. Pengecer elektronik Kanada didirikan pada tahun 1982 dari satu lokasi di Vancouver yang kemudian dijual ke Best Buy pada tahun 2001.

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image: wikipedia