10 Fakta tentang Aurora

(Business Lounge – Do You Know?) Aurora Borealis atau dikenal dengan The Northern Lights dan Aurora Australis atau dikenal dengan the Southern Lights dua hal dari keajaiban alam yang paling spektakuler.

The British Antarctic Survey, yang ikut berpartisipasi dalam Earth Hour dan ahli kutub, Rod Downie,  telah sangat beruntung untuk menyaksikan keduanya di kedua ujung bumi. Mereka berbagi beberapa fakta dan misteri seputar cahaya yang luar biasa ini. Ada 10 fakta tentang cahaya Aurora:

1. Aurora terjadi di bagian atas atmosfer dan biasanya terlihat selama malam di daerah kutub.

2. Aurora Borealis terjadi selama geomagnetik kutub utara dari bumi dan Aurora Australis terjadi selama geomagnetik dari kutub selatan – di daerah yang dikenal dengan ‘oval aurora’.

3. Kadang-kadang Aurora Borealis bisa dilihat di selatan Inggris, tapi ini terjadi hanya sekali atau dua kali satu dekade.

4. Aurora Borealis ini dinamai Dewi Romawi dari fajar, Aurora, dan istilah Yunani untuk “angin dari utara,” Boreas.

5. Kapten James Cook menciptakan istilah Aurora Australis setelah perjalanannya menemui Antartika di Resolusi (1772-1775).

6. Hijau adalah warna yang paling umum di Aurora dan disebabkan oleh atom oksigen di ketinggian sekitar 100 dan 200kms.

7. Red hanya terlihat di Aurora jika atom oksigen dibuat di atas 250 kms.

8. Aurora juga terjadi di planet lain, termasuk Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

9. Aurora di Saturnus hanya terlihat pada sinar ultraviolet dan hanya dapat diamati dari luar angkasa.

10. Astronot pada Stasiun Luar Angkasa Internasional berada di ketinggian yang sama dengan aurora. Mereka dapat melihatnya dari atas atau samping! Bukankah dunia kitabegitu cemerlang?

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image: