10 Fakta tentang Panda

(Business Lounge – Do You Know?) Panda raksasa dengan warna kontras hitam dan putih sering kali disebut “big bear kucing“, juga dikenal sebagai beruang panda berasal dari Cina selatan pusat. Sangat mudah untuk dikenali dari besarnya, patch hitam yang khas di sekitar mata, di atas telinga, dan seluruh tubuhnya. Nama “panda raksasa” kadang-kadang digunakan untuk membedakannya dari panda merah yang tidak ada hubungannya. Panda raksasa tinggal di beberapa pegunungan di China tengah, terutama di provinsi Sichuan, tetapi juga di provinsi-provinsi tetangga, yaitu Shaanxi dan Gansu.

Panda raksasa adalah spesies yang terancam punah. Sebuah laporan tahun 2007 menunjukkan 239 panda hidup di penangkaran di China dan 27 lain di luar negeri. Pada Desember 2014, 49 panda raksasa hidup di penangkaran di luar China, yang tinggal di 18 kebun binatang di 13 negara yang berbeda. Beberapa laporan juga menunjukkan bahwa jumlah panda raksasa di alam liar terus meningkat. Pada Maret 2015, Mongabay menyatakan populasi liar panda raksasa meningkat 268, atau 16,8%, sebesar 1.864 orang. Namun hal ini masih harus diperhatikan kebenarannya. Berikut 10 fakta tentang Panda.

1. Panda raksasa sebenarnya beruang.

Bear 1

2. Sekitar 2.000 panda liar dapat ditemukan di alam.

Bear 2

3. 99% dari pola makanan Panda terdiri dari bambu.

Bear 3

4. Semua panda di dunia adalah berstatus pinjaman dari China.

Bear 4

5. Gajah muda, panda, koala, dan kuda nil makan kotoran ibu mereka.

Bear 5

6. Panda dapat buang air besar hingga 40 kali sehari.

Bear 6

7. Peneliti Panda harus memakai kostum panda untuk bekerja dengan anaknya.

Bear 7

8. Rentang hidup panda raksasa di alam liar adalah sekitar 20 tahun.

Bear 8

9. Barat pertama kali mempelajari panda raksasa pada tahun 1869, ketika seorang misionaris Perancis menerima kulit Panda dari pemburu.

Bear 9

10. Panda betina memiliki masa subur hanya sampai 3 hari dalam setahun.

Bear 10

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Source: factslides.com