Delapan Cara untuk Menemukan Karyawan ‘Truly Exceptional’

(Business Lounge – Empower People) Great employees adalah seorang yang dapat dipercaya, dapat diandalkan, proaktif, rajin, pemimpin yang hebat, sekaligus follower yang hebat. Kriteria ini mudah untuk didefinisikan namun sulit untuk ditemukan. Perlu untuk memperhatikan hal-hal dalam bentuk perilaku yang bisa dilihat dengan jelas dan tidak dalam hal-hal yang abstrak dan sulit dilihat.

Ada delapan kualitas dari exceptional employees,  bukan merupakan hal-hal yang besar namun menjadi istimewa karena dihasilkan dari kualitas yang ada di dalam diri mereka.

Perbedaan yang kecil yang membawa perubahan

Karyawan yang baik, tidak takut untuk menjadi berbeda dan menentang status quo, mereka biasanya memiliki ide-ide yang terbaik dan sederhana untuk diterapkan. Karyawan seperti ini bisa ditandai sebagai exceptional employees.

… tahu kapan harus kembali

Exceptional employees mengetahui kapan untuk bergurau, kapan untuk serius, kapan untuk mempertanyakan sebuah gagasan, kapan menyetujuinya, kapan untuk maju kapan untuk mundur. Dia memiliki keseimbangan sebagai seorang pribadi.

Mereka tidak perduli dengan job description

Penting sekali menyadari bahwa tujuan perusahaan adalah tujuan bersama seluruh karyawan. Seorang karyawan yang hebat, akan melakukan pekerjaan yang penting tanpa disuruh sekalipun itu bukan pekerjaannya. Misalnya bila ada proyek yang sedang mendekati batas waktu dan pelanggan membutuhkannya.

Mereka dipuji oleh publik

Pengakuan dari atasan menyenangkan, pengakuan dari rekan kerja juga menyenangkan. Karyawan yang hebat menyukai pengakuan dari kelompok yang memiliki dampak yang besar.

Mereka complain secara pribadi

Seorang karyawan diharapkan mengungkapkan masalah-masalah yang ada tapi ada beberapa hal yang sensitif untuk disampaikan di depan umum. Karyawan yang exceptional datang kepada atasannya sebelum dan sesudah pertemuan untuk mendiskusikan masalah yang sensitif, agar tidak menimbulkan keributan.

Mereka berbicara ketika yang lain tidak

Seringkali seorang karyawan berani untuk mengemukakan pertanyaan yang penting saat karyawan yang lain ragu-ragu. Tidak bermaksud melakukan tindakan provokatif namun berani untuk mempertegas sesuatu agar semua menjadi sadar akan tingkat prioritasnya.

Didorong oleh passion

Seorang karyawan yang baik tidak didorong untuk bekerja dengan kepentingan pribadi, tapi ada yang lebih lagi di dalam dirinya. Kerajinan, kecerdasan sangat penting namun dorongan atau drive perlu dimiliki oleh seorang karyawan yang baik, bahkan di atas penghasilan yang dia terima.

Mereka seorang yang terus berpikir.

Seorang karyawan yang baik, tidak berhenti untuk berpikir pada saat mengerjakan sesuatu, mereka mengikuti proses namun mereka juga bisa memperbaiki proses bila dirasakan hal itu kurang tepat dilakukan.

Bila karyawan ini adalah seorang pemimpin, maka berlaku kata-kata: “Seorang pemimpin memikirkan bagaimana sebuah pekerjaan dapat diselesaikan. Namun seorang pemimpin yang baik memikirkan bagaimana sebuah pekerjaan dapat diselesaikan dengan cara yang berbeda.”

Fadjar Ari DewantoFadjar Ari Dewanto/VMN/BD/Regional Head-Vibiz Research Center