Honda Tarik Ribuan Mobilnya

(Business Lounge-Business Today)-Masalah kantung udara Takata telah menimbulkan banyak masalah. Sejauh ini setidaknya sudah tercatat 10 produsen mobil yang telah menarik lebih dari 17 juta mobil model truk di Amerika Serikat dan ada 22 juta mobil lainnya di seluruh dunia dikarenakan masalah pada kantung udara. Untuk keseluruhan daerah di Amerika Serikat sendiri maka akan ada sekitar 30 juta mobil yang  yang kemungkinan besar akan ditarik juga disebabkan mobil-mobil tersebut memakai kantung udara Takata.

Honda mengaku perusahaan menambahkan ratusan ribu kendaraan itu sesudah mengecek nomor seri penggembung Takata di dalamnya, yang disesuaikan dengan nomor identifikasi kendaraan Honda pada catatan pabrik. Demikian yang dinyatakan dalam dokumen yang diposkan oleh administrasi keselamatan Amerika Serikat.

Seperti yang dikutip oleh The Wall Street Journal, langkah Honda “mencerminkan kendaraan apa saja yang berpotensi menghadapi masalah serupa,” atau NHTSA. Setidaknya hingga saat ini ada 70 gugatan hukum dilayangkan akibat masalah kantung udara Honda di Amerika Serikat.

Sementara pihak Honda menyatakan belum menerima klaim apapun terkait pecahnya penggembung pada Pilot seri 2008. Perusahaan mengaku akan mengirim surat ke pemilik mobil bersangkutan atas potensi penarikan. Semoga masalah ini dapat terselesaikan.

 

Febe/Journalist/VM/BL
Editor: Tania Tobing